by

Transaksi Digital, Salah Satu Cara Cerdas Cegah Penularan Virus Corona

Melakukan transaksi digital adalah bagian dari social distancing alias jaga jarak demi menghindari penularan dan penyebaran virus Corona. Sebab dalam aktivitas sehari-hari sebagian besar orang di Indonesia masih mengandalkan uang tunai dibandingkan cashless. Penting untuk diketahui bahwa baru-baru ini, dikutip dari halodoc, sebuah studi mengungkap bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di benda mati dalam waktu beberapa jam.

Mulai dari alumunium, sarung tangan operasi, besi, kayu, kaca, kertas, sampai plastik. Khusus untuk kertas (termasuk uang), dikabarkan virus ini dapat bertahan hidup mulai 4 – 5 hari sejak disentuh oleh orang yang terkena virus tersebut. Tapi, jangan dulu khawatir sebab Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat mengungkap masih belum jelas apakah seseorang bisa tertular virus Corona akibat memegang objek yang terdapat virus di atasnya.

Seperti kata pepatah, better safe than sorry atau lebih baik mencegah daripada mengobati, WHO juga sudah menghimbau bahwa masyarakat perlu mempertimbangkan untuk menggunakan transaksi nontunai dalam kondisi sekarang. Sejalan dengan WHO, baru-baru ini Senior Executive Vice President dari departemen bisnis dan pelayanan PLN juga menganjurkan masyarakat untuk bayar tagihan listrik secara online demi meminimalisir penyebaran virus jika bertransaksi di loket atau ATM.

Buat kamu yang belum terbiasa bertransaksi digital, jangan khawatir. Sekarang sudah banyak kok aplikasi pembayaran digital yang bisa didownload, dipelajari, dan digunakan dengan mudah untuk beragam transaksi, contohnya:

Bayar jajan atau belanjaan pakai e-wallet

Mulai dari DANA, OVO, GoPay, sampai LinkAja merupakan beberapa pilihan e-wallet yang bisa kamu coba untuk bertransaksi: bayar jajan atau belanjaan. Berbeda dengan e-money yang berbentuk kartu dan menggunakan chip, platform e-wallet adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store. Dengan menggunakan aplikasi di HP pribadi untuk bertransaksi ini itu, kamu sudah membantu menjaga diri dan orang lain agar tidak terkena virus.

Transaksi yang kamu lakukan dengan e-wallet akan memotong langsung limit yang kamu punya. Yang perlu dilakukan hanya tinggal mengisi saldo lewat internet banking, mobile banking atau ATM, kemudian memasukkan PIN, OTP, atau scan barcode apabila sedang melakukan transaksi. Ditambah lagi, sekarang di aplikasi e-wallet, kamu juga bisa transaksi pulsa, paket data, token listrik, sampai bayar aneka tagihan online lho. Belum lagi banyak promo cashback yang ditawarkan e-wallet untuk beragam transaksi. Jadi, meski #dirumahaja, kamu bisa tetap jajan sekaligus berhemat!

Belanja kredit pakai kredit online

Buat kamu yang mau transaksi cicilan tapi nggak punya kartu kredit, sekarang kamu nggak perlu repot-repot lagi datang ke bank ajukan kartu kredit atau datang ke merchant untuk ajukan kredit secara manual. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas kredit online dari fintech seperti Kredivo yang telah bermitra dengan 250 lebih e-commerce dan merchant ternama di Indonesia. Cukup daftar akun Kredivo dari rumah dengan menggunakan HP dan internet, kamu sudah bisa punya akses kredit dengan limit maksimal yang dapat mencapai Rp 30 juta. Menarik, kan?

Jika sudah terdaftar sebagai pengguna Kredivo, kamu dapat kredit online barang di Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dll, hanya dengan minimum pembelanjaan Rp 1 juta ke atas. Tenor yang tersedia mulai dari 3, 6, dan maksimal 12 bulan dengan suku bunga angsuran cuma 2,95% per bulan. Namun, untuk transaksi di bawah Rp 1 juta, kamu tetap bisa kredit online pakai Kredivo dengan memilih metode kredit “bayar dalam 30 hari tanpa bunga”.

Bukan cuma buat kredit online, Kredivo juga dapat digunakan untuk mempermudah transaksi kebutuhan sehari-hari seperti pulsa atau token listrik. Di aplikasi Kredivo, tersedia fitur pembelian pulsa, paket data, token listrik, dan produk PPOB lain dan pembayarannya dapat memotong langsung limit yang kamu punya. Bayarnya bisa bulan depan tanpa bunga!

Transfer uang pakai aplikasi mobile banking

Mau isi saldo e-wallet? Atau mau bayar tagihan kredit online? Nggak perlu lagi ke ATM, cukup aktifkan layanan mobile atau internet banking dari bank yang kamu gunakan. Hampir semua bank baik swasta atau milik pemerintah, menyediakan layanan mobile banking untuk mempermudah transaksi penggunanya. Ada yang cara mengaktifkannya wajib datang ke bank langsung dengan membawa ATM, buku rekening, dan identitas asli, ada juga yang cara mengaktifkannya bisa dari ATM.

Buka atau setor tabungan dengan aplikasi perbankan digital

BCA dan BTPN adalah dua bank yang saat ini memiliki produk berupa aplikasi perbankan digital yang dapat memudahkan nasabah untuk buka rekening, menabung, hingga membuat tabungan berjangka tanpa perlu keluar rumah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi Klik BCA atau Jenius dari BTPN, kemudian daftar rekening baru dengan menyertakan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Selanjutnya, pihak bank akan melakukan verifikasi secara digital hingga video call untuk pembukaan rekening. Canggih, kan?

News Feed