by

Tips Mengadakan Flash Sale Bagi Pebisnis Online

Flash sale merupakan salah satu strategi untuk membantu penjualan produk menjadi lebih cepat habis dan laku di pasaran. Bagi para pebisnis online, menggunakan cara promosi ini menjadi hal yang sangat menguntungkan.

Bagaimana cara untuk mengadakan promo tersebut? Berikut tips-tips yang harus dilakukan sebelum mengadakan promo besar-besaran.

  • Memilih Jenis Produk yang Banyak Diminati

Tips yang pertama untuk melakukan event flash sale yaitu dengan memilih jenis produk-produk Anda yang banyak diminati oleh pelanggan. Tentu hal ini akan sangat efektif untuk menjalankan promo agar bisa berhasil.

Dengan Anda memberikan promo hanya pada barang tertentu, pastinya pelanggan akan secara otomatis untuk menanti-nanti diadakannya event tersebut.

  • Menyiapkan Stok Barang

Apabila Anda sudah menentukan produk apa saja yang akan dijadikan sebagai barang promosi, tips selanjutnya yaitu dengan menyiapkan stok barang sebanyak mungkin. Anda bisa melakukan sebuah analisis berdasarkan jenis event yang telah diadakan sebelumnya.

Sehingga, hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui stok seberapa yang harus disiapkan. Cara ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Pasalnya stok barang tersebut juga akan berpengaruh terhadap bisnis yang dimiliki.

Apabila Anda salah dalam memperkirakan produk, bisa jadi Anda malah mendapatkan kerugian berupa barang yang tidak laku. Dengan demikian, memperhatikan seberapa besar penjualan yang telah dilakukan pada event sebelumnya, bisa menjadi salah satu cara untuk mengadakan event menjadi lebih baik lagi.

  • Melakukan Promosi Terhadap Flash Sale

Salah satu hal yang harus dilakukan pada saat mengadakan promo yaitu dengan melakukan promosi terlebih dahulu. Anda bisa menyebarkan informasi membahagiakan tersebut ke berbagai kanal penjualan yang dimiliki.

Baik itu melalui situs website, e-commerce, atau mungkin melalui aplikasi chat. Pada tahap ini, Anda bisa mencantumkan seluruh informasi tersebut secara lengkap.

Mulai dari tanggal berapa diadakannya, jam, hingga pada channel apa promo tersebut diadakan. Anda bisa melakukan promosi ini secara berkala untuk bisa mendapatkan calon pembeli.

  • Memberi Batasan Waktu yang Cukup Singkat

Untuk menghindari lonjakan pembeli yang tinggi, Anda bisa memberikan motivasi kepada pembeli untuk melakukan proses pembelian secepat-cepatnya. Dengan demikian, Anda bisa memberikan batas waktu yang lebih singkat pada saat mengadakan promo tersebut.

Biasanya, pada marketplace hanya mengadakan promo tersebut selama 2 hingga 3 jam saja. Selain itu, Anda juga bisa menghimbau pelanggan setia untuk menyalakan notifikasi supaya tidak ketinggalan.

Hal ini juga sangat berguna untuk menarik perhatian dari pelanggan setia.

  • Memperhitungkan Margin Keuntungan

Tips terakhir yaitu dengan memperhitungkan margin keuntungan. Pada saat mengadakan event ini, tentu setiap pelanggan menginginkan harga barang yang termurah namun mempunyai kualitas yang terbaik.

Oleh karena itu, Anda harus bisa menentukan harga yang kompetitif untuk bisa bersaing dengan berbagai jenis toko online yang lainnya. Akan tetapi, perlu untuk diperhatikan bahwa Anda harus menghindari memasang harga yang terlalu tinggi.

Memperhatikan penetapan harga ini harus dilakukan dengan cara yang tepat serta penuh kehati-hatian. Karena pada dasarnya harga inilah yang akan menentukan keberhasilan dalam promo yang diselenggarakan.

Bahkan sebaliknya, meskipun mengadakan event promo, Anda juga tidak perlu untuk membanting stir dengan menawarkan harga yang terlalu murah. Bisa jadi mengadakan promo tersebut menjadikan bisnis Anda mengalami kerugian.

Nah, itulah beberapa tips mengadakan promo flash sale bagi pebisnis online. Terdapat banyak sekali strategi yang harus diperhatikan sebelum mengadakan promo tersebut.

Dengan rancangan strategi yang matang, tentu akan memberikan hasil yang maksimal.

News Feed