by

Sering Beli Paket Data, Tapi Cepat Habis? Yuk, Ikuti 5 Tips Hemat ini

Tempat beli paket data internet sudah tersedia di mana-mana. Baik via daring maupun luring. Masalahnya, kok pas ganti HP, data internetnya gampang habis, ya? Sebetulnya bukan perkara ganti HP yang jadi penyebab utama. Akan tetapi kian hari, semakin banyak HP yang memiliki fitur lengkap. Biar bisa hemat, terapkan 5 tips ini sekarang juga.

5 Tips Hemat Menggunakan Paket Date Internet

Beli Paket Data

  1. Selalu Cek Sisa Datanya setelah Internetan

Gara-gara terlalu asyik browsing ke situs ini-itu, akhirnya lupa. Tahu-tahu paket data internet yang baru dibeli beberapa hari lalu sudah habis begitu saja. Untuk mencegah hal itu terjadi, sering-seringlah mengecek sisa data internet Anda. Tiap provider tentu punya cara masing-masing untuk menampilkan sisa datanya. Manfaatnya apa?

Pertama, Anda jadi tahu data internet terkini. Kedua, Anda juga jadi bisa membandingkan penggunaan data internet hari kemarin dengan hari ini. Ketiga, Anda jadi tahu aktivitas apa saja yang rupanya menguras data internet begitu hebat. Dengan begitu, Anda pun lebih hati-hati saat menggunakan data internet di hari esoknya. Sudah pernah coba tips ini?

  1. Gunakan 2 Kartu

Saat ini sudah banyak HP yang memfasilitasi penggunaan 2 kartu sekaligus. Manfaatkan nih, daripada yang satunya nganggur. Misalnya kartu yang satu Anda gunakan khusus untuk internetan. Sedangkan satunya khusus untuk membalas pesan, menelepon, dan sebagainya. Jadi, penggunaannya lebih terarah. Memang sih perawatannya cukup ribet.

Hemat usai pakai 2 kartu bukan berarti meminimalisir penggunaan data internet, ya. Akan tetapi berdampak secara tidak langsung pada mindset untuk lebih hati-hati. Sebab, jika seseorang sudah telanjur internetan, kebanyakan lupa dengan kuota internet yang semakin menipis. Silakan dicoba.

  1. Baiknya, Sering Internetan Pakai HP atau Komputer?

Jika disuruh memilih, maka sering-sering internetan pakai HP saja, ya. Sayang jika baru beli paket data internet sudah habis dalam waktu singkat. Soalnya jika pakai HP, data yang keluar untuk mengakses suatu laman jadi lebih ringan. Sebab, setiap situs website yang tampil via HP dan dekstop memiliki tampilan berbeda.

Tampilan via dekstop secara umum jauh lebih lengkap. Bahkan efek animasi bergerak serta menu-menu kecil pun tampak secara visual. Sedangkan jika menggunakan browser bawaan HP lebih ringkas. Ingat, bahwa gambar dan video berukuran besar juga bisa memakan data internet dalam waktu singkat. Jadi perlu hati-hati pula saat mengakses suatu situs website.

  1. Gunakan Data Internet sesuai dengan Kebutuhan

Meski pesan ini sangat klasik dan cenderung klise, tapi masih efektif sampai sekarang. Sebab, kebanyakan para penggenggam internet melupakan hal ini. Alih-alih selancar internet untuk meningkatkan produktivitas diri, malah hanya scrolling-scrolling di media sosial saja. Selain nir-faedah, perilaku tersebut juga bikin penggunaan data internet jadi boros.

Saat terjun ke media sosial, memang selalu saja ada yang menarik dan menggelitik tangan untuk menelusurinya. Tapi, ambil waktu jeda dulu untuk mempertimbangkannya. Jangan-jangan tidak memiliki manfaat yang signifikan untuk Anda. Tahu-tahu, paket data internet sudah menipis begitu saja. Daripada hanya scrolling, kan bisa dipakai untuk baca artikel.

  1. Gunakan Data Internet di Tempat yang Banyak Sinyalnya

Pemakaian data internet di lokasi yang kekurangan sinyal juga bisa bikin boros. Loading ke suatu situs internet juga lambat luar biasa. Kok bisa bikin boros? Sebab, saat HP Anda mengakses suatu laman, secara otomatis data akan terkikis sebesar ukuran laman tersebut. Jika koneksinya lambat, proses pengambilan datanya juga ikut melambat.

Di antara kelima tips di atas, manakah yang sudah Anda terapkan? Minimal terapkan salah satu, ya. Biar paket data internet Anda lebih hemat. Usahakan ketika tertarik dengan suatu video via daring, atur dulu ukurannya biar lebih kecil. Misal dari 480p jadi 360 atau lebih kecil lagi. Untuk mengetahui efek tips di atas, coba beli paket data dan bandingkan dengan penggunaan versi sebelumnya.