by

Pinjaman KPR BRI untuk Wujudkan Mimpi Rumah Milik Sendiri

Memiliki rumah sendiri merupakan impian banyak orang, baik yang sudah menikah atau masih single. Karena rumah adalah kebutuhan primer yang harus dipenuh seiring dengan bertambahnya usia. Tidak selamanya menumpang pada orang tua, karena banyak faktor pertimbangan. Sehingga banyak orang yang belum mampu memiliki rumah sendiri, mensiasatinya dengan kos atau kontrak. Mengingat memiliki rumah sendiri tidaklah mudah. Selain harganya yang mahal, juga proses membangunnya tidak mudah.

Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya zaman dan sistem transaksi keuangan, kini bank hadir dalam membantu nasabahnya untuk memiliki rumah sendiri melalui pinjaman tertentu. Misalnya saja pinjaman KPR BRI yang memungkinkan nasabah bank BRI dapat membeli rumah dengan proses mudah dan payung hukum yang aman. Penasaran seperti apa ketentuan dan proses pinjaman untuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) ala bank BRI? Mari simak dalam ulasan kredit KPR BRI berikut ini.

Jenis Pinjaman KPR BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus menjaga komitmennya untuk membantu masyarakat Indonesia dengan memberikan beragam kemudahan dalam transaksi keuangan, melalui beragam inovasi pelayanan yang memanjakan nasabahnya. Misalnya saja untuk jenis Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang sangat fleksibel. Karena ada dua macam service yang diberikan. Yaitu jenis Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bersubsidi dan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) non subsidi.

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bersubsidi diberikan kepada masyarakat yang memiliki penghasilan rendah dan memenuhi syarat yang telah diatur serta ditentukan oleh pemerintah. Sehingga sebagian biaya yang seharusnya dibayarkan, disubsidi oleh pemerintah. Tentu saja ini sangat membantu bagi kelompok masyarakat yang berpenghasilan rendah tetapi ingin memiliki rumah sendiri, baik baru atau bekas. Sistem pemberian pinjaman yang mudah dan aturan yang tidak memberatkan, menjadikan jenis kredit ini sangat direkomendasikan untuk kalangan yang membutuhkan.

Sedangkan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) non subsidi ini diberikan kepada masyarakat yang berada di luar katergori berpenghasilan rendah sesuai dengan kategori yang ditentukan oleh pemerintah. Jenis KPR ini memiliki bunga yang mengambang dan pihak pengelola atau pembangunnya memiliki kerjasama dengan bank BRI. Jadi, pihak bank bisa turut memantau dan melindungi nasabah dari banyak kemungkinan kecurangan oleh pihak developer-nya.

Syarat Mengajukan Pinjaman KPR BRI

Hampir sama dengan persyaratan pinjaman ke bank lain saat mengajukan pinjaman untuk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) ala bank BRI, sehingga secara umum dapat persyaratannya dijelaskan sebagai berikut.

  1. Ketentuan atau syarat umum untuk pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bersubsidi
  • Kredit jenis ini ditujukan pada kelompok MBR atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah dengan nominal gaji pokok/penghasilan bulanan di kisaran rata-rata ≤ empat juta
  • Kredit diajukan untuk kepemilikan rumah pertama sehingga sebelumnya belum memiliki rumah serta belum pernah melakukan transaksi pengajuan sejenis ini.
  • Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) ini bertujuan untuk dihuni, sehingga tidak boleh disewakan atau dijual pada rentang lima tahun pertama.
  • Rumah yang dimaksud dalam kondisi siap huni, sehingga keperluan penunjang seperti listrik, air dan lainnya harus sudah tersedia.
  • Untuk rumah yang dibiayai merupakan rumah yang berasal dari pengembang rekanan bank BRI
  • Harga rumah yang dituju memiliki rentang harga yang sesuai dengan peraturan pemerintah.
  1. Ketentuan atau syarat umum untuk pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) non subsidi

Berbeda dengan jenis yang bersubdi, jenis pinjaman KPR BRI ini lebih leluasa dalam menentukan jenis hunian yang hendak dibeli, dalam kondisi baru maupun bekas dan dapat berupa take over dari pihak bank lain.

Demikian penjelasan beberapa hal mengenai pinjaman KPR BRI, sehingga dapat mempersiapkan diri hendak mengambil jenis yang mana dan mencari tahu detail ketentuan lain sebelum mengajukan. Akan tetapi, jangan khawatir ketika mengajukan. Karena prosesnya mudah, cepat dan memiliki sistem yang aman. Sehingga kenyamanan dan keamanan nasabah terjaga. Selamat memiliki rumah impian!

News Feed