by

Pinjaman Dana Online Cepat Cair: Tips Melunasi Pinjaman Online yang Bisa Anda Terapkan

Pinjaman dana online cepat cair diperlukan jika memiliki alasan untuk tujuan keuangan tertentu sehingga keputusan untuk mengambil pinjaman akan membantu kondisi keuangan. Sebaiknya mengetahui terlebih dahulu alasan untuk mendapatkan pinjaman misalnya ingin membayar sewa rumah, untuk membayar perbaikan kendaraan, kecelakaan atau tagihan kesehatan. Walaupun demikian seseorang dapat mempersiapkan dana darurat setidaknya untuk 6 kali dari pengeluaran bulanan sehingga kebutuhan akan tercukupi di kala mendesak. Jika telah memiliki alasan untuk mendapatkan pinjaman maka tentukan besaran pinjaman, sebaiknya tidak mengambil pinjaman yang tidak mampu dibayar kembali. Jika ingin berhutang pada pinjaman tidak lebih dari 30%.

Ketika melakukan pinjaman maka perlu memperhatikan tingkat bunga, beban bunga untuk kredit rumah lebih rendah dibandingkan pinjaman pribadi tanpa adanya agunan. Hal ini dikarenakan kredit rumah memiliki agunan yaitu rumah sedangkan pinjaman pribadi tidak memiliki syarat dalam pengajuannya sehingga bunga pinjaman lebih besar. Di zaman serba canggih ini maka banyak sekali tempat untuk mendapatkan pinjaman, jika memiliki usaha kecil maka untuk mendapatkan pinjaman maka fintech adalah solusinya dengan masa kredit lebih singkat dan fleksibel.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui ketika akan mengambil suatu pinjaman dana cepat cair tanpa adanya jaminan diantaranya:

  • Pinjaman tanpa adanya jaminan biasanya memberikan suku bunga sangat tinggi.
  • Pihak peminjam akan memberikan penilaian terhadap kelayakan kredit dengan mengetahui skor kredit yang dimiliki oleh karena itu perbankan akan mewajibkan adanya lampiran kartu kredit ketika mengajukan pinjaman pribadi sehingga nasabah akan mengetahui nilai kemampuan dalam membayar kewajiban yang akan dibayarkan.
  • Layanan pinjaman tidak hanya disediakan oleh perbankan melainkan juga disediakan oleh pinjaman online yang sudah terdaftar dalam OJK sehingga dapat digunakan pendidikan dan modal usaha.
  • Pinjaman dibutuhkan untuk keadaan darurat seperti tagihan medis.
  • Sebaiknya jangan berfokus pada satu pinjaman dan bandingkan beberapa pilihan yang akan memberikan keuntungan sepenuhnya kepada nasabah.
  • Waspada terhadap biaya tambahan yang akan dibebankan berupa pemotongan uang.
  • Sebaiknya jangan mengambil pinjaman untuk membayar utang sebelumnya.

Terdapat satuan tugas waspada investasi yang langsung ditugaskan oleh OJK apabila terdapat pinjaman online ilegal diperoleh pada masyarakat. Jika masyarakat sudah terlanjur mengambil pinjaman maka OJK akan siap membantu dengan laporan yang diberikan untuk restrukturisasi pinjaman yang jatuh tempo. Peminjam juga akan membantu proses penagihan utang terhadap pinjaman ilegal dengan penagihan yang tidak menyenangkan seperti tindakan dengan teror, nasabah dapat melaporkannya secara hukum. Tindakan sewenang-wenang ini dapat dikenakan hukuman untuk memberikan efek pada pelaku pinjaman online ilegal.

Berikut adalah tips untuk membayar tagihan online:

  • Fokus untuk membayar utang jika mendapatkan pendapatan atau penghasilan lebih dan jangan sampai lupa karena utang adalah prioritas utama.
  • Sebaiknya mencari pendapatan tambahan atau pekerjaan samping sebagai tambahan penghasilan untuk membayar utang.
  • Berbicara dengan keluarga sehingga akan membantu masalah dalam melunasi utang dan tidak akan menjadi beban.
  • Jangan menerapkan gali lubang tutup lubang karena hal ini hanya akan menimbang besaran utang dimana-mana.

Jika utang ini tidak dilunasi maka utang akan semakin besar hal ini sesuai dengan peraturan dari OJK apabila pinjaman akan mendapatkan bunga 0,8% setiap harinya dengan denda 100% jumlah total pinjaman. Bila tidak segera melunasi maka telepon tagihan akan terus meneror dan mengganggu kenyamanan yang berdampak pada stres nasabah. Oleh karena itu bijaklah dalam mengambil pinjaman dana online cepat cair jika tidak sedang benar-benar tidak dibutuhkan.

News Feed