by

Persiapan Menghadapi Soal SBMPTN dengan Ruangguru

Masuk ke perguruan tinggi negeri merupakan impian dari semua anak, bagaimana tidak? Lulusan perguruan tinggi negeri akan jauh lebih dipandang sukses, di dunia kerja pun pada saat penerimaan karyawan pastilah lulusan perguruan tinggi negeri akan mendapatkan perhatian khusus dan lebih diutamakan. Dengan semua keuntungan ini, tentunya masuk ke perguruan tinggi negeri bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan usaha yang besar untuk dapat menjadi mahasiswa di PTN.

Terdapat 3 jalur untukmu jika ingin masuk ke perguruan tinggi negeri,  yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Ujian Mandiri dari masing-masing perguruan tinggi. Untukmu yang tidak punya nilai rapot yang bagus, maka kesempatanmu hanya ada di SBMPTN dan Ujian Mandiri saja. Kuota penerimaan mahasiswa SBMPTN lebih tinggi dari pada kedua jalur lainnya, jadi kamu harus belajar dengan maksimal ya.

Tapi, bingung mau mulai belajar darimana? Kamu bisa mengikuti bimbel online dari Ruangguru untuk mempersiapkan dirimu mengerjakan soal SBMPTN. Kamu dapat berlatih menggunakan try out soal SBMPTN, karena sebelum kamu memulai mengerjakan soal SBMPTN pada hari ujian kamu harus giat berlatih mengerjakan soal try out. Tidak hanya itu saja, terdapat materi pelajaran lengkap yang dapat kamu pelajari di Ruangguru. Di kemas dalam video belajar yang menarik, akan membuatmu semakin giat belajar.

Saat kamu mengerjakan soal SBMPTN nanti, janganlah panik. Tetap tenang dan fokus untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, jika sebelum nya ada sistem poin -1 jika menjawab pertanyaan yang salah. Dimulai dari SBMPTN tahun 2018 ada 2 aspek yang mempengaruhi yaitu nilai dan peringkat. Jawaban yang salah kini tidak akan mengurangi nilaimu tapi akan mempengaruhi peringkat. Jika kamu salah mengerjakan soal SBMPTN yang mudah, maka pinalti yang kamu dapatkan jauh lebih besar dibandingkan salah mengerjakan soal yang sulit. Untuk itu, kamu harus benar-benar teliti ya.

Bersama Ruangguru, kamu dapat berlatih mengerjakan prediksi soal SBMPTN dilengkapi dengan jawaban serta pembahasannya. Kamu juga dapat bertanya kepada para pengajar di Ruangguru jika ada soal SBMPTN yang tidak kamu mengerti. Kamu dapat menggunakan fitur ruanglesonline dari ruangguru. Pertama, kamu harus mendownload aplikasi Ruangguru terlebih dahulu, lalu mendaftarkan dirimu untuk berlangganan ruanglesonline. Di fitur ini kamu dapat bertanya ke para pengajar soal yang tidak kamu mengerti dengan mem foto soalnya dan kamu kirimkan via chat, setelah terhubung pengajar akan menjawab pertanyaanmu. Mudah sekali bukan?

Namun untuk menghadapi ujian SBMPTN, di perlukan juga kesiapan mu sebagai peserta. Jangan sampai ada hal sepele yang menggagal kan mu dalam ujian. Persiapanmu harus sangat matang ya!