by

Penyebab Salah Satu Telinga Menjadi Kurang Mendengar

Kurang pendengaran sebelah tentu akan sangat mengganggu, walaupun satu telinga bisa berfungsi dengan baik. Biasanya terjadinya gangguan di salah satu telinga disebabkan oleh adanya sumbatan kotoran atau air yang masuk. Tapi, tidak selamanya penyebab itu menjadi penyebab utama tersumbatnya sebelah telinga. Ada beberapa alasan juga kenapa telinga mengalami gangguan di sebelah saja.

Penyebab umum kurang pendengaran pada salah satu telinga biasanya karena faktor usia yang sudah semakin renta sehingga menurun pulalah berbagai fungsi organ di dalam tubuh manusia. Tercatat sekitar 5000 orang per tahun mengalami masalah pendengaran sebelah dan itu benar terjadi pada orang lanjut usia. Nahasnya 1 dari 10 kasus bisa terjadi dengan gejala lebih parah, yakni tuli di kedua belah telinga.

Penyebab Telinga Tuli Sebelah

Berbagai sebab telinga bisa tuli sebelah adalah:

  • Cidera terutama di bagian kepala.
  • Terjadi sebab gangguan autoimun.
  • Sirkulasi darah yang terganggu.
  • Obat-obatan dengan efek samping mengganggu fungsi pendengaran.
  • Tumor tumbuh di otak.
  • System saraf yang terganggu.
  • Terjadinya gangguan di bagian telinga dalam.

Penanganan Telinga Kurang Dengar Sebelah

Untuk menangani masalah telinga yang kurang dengar ini berbeda-beda, bergantung dari apa sebab telinga mengalami gangguan. Jika sebabnya tiba-tiba begitu saja terjadi maka dokter akan memberikan obat kortikosteroid. Sementara jika yang terjadi pada telinga disebabkan oleh infeksi maka dokter akan memberikan penanganan berupa peresepan antibiotic. Kemudian apabila gangguan telinga disebabkan oleh konsumsi obat-obatan maka obat akan diganti dengan yang tidak memberikan efek samping.

Cara Mengatasi Telinga Tuli Sebelah

Pertanyaan berikutnya adalah apakah penyakit pada telinga bisa diatasi? Jawabannya bisa melalui berbagai cara. Pertama Anda bisa menjalani operasi kecil bernama implant koklea sebab sejatinya gangguan telinga terjadi sebab rusaknya koklea dalam telinga. Solusi kedua adalah dengan jalan menggunakan alat bantu dengar yang bagus dan tentunya sesuai dengan kategori penderita.

Jika Anda sudah mantap menggunakan alat bantu dengar dan sudah direkomendasikan oleh dokter, coba beli alatnya di pusatalatbantudengarmelawai.com. Ada banyak pilihan alat bantu dengar yang disesuaikan dengan kriteria pengguna sekaligus tingkat keparahan penderita. Alat bantu dengar ini dijual dengan tujuan supaya siapa pun bisa menjalani komunikasi dengan normal.

News Feed