by

Pengertian, Manfaat, Syarat Tinggal Rumah yang Perlu Diketahui

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer setiap manusia di samping kebutuhan pangan dan papan. Dan apakah Kalian sudah tahu pengertian rumah itu sendiri? rumah merupakan salah satu bangunan yang dibuat untuk tempat tinggal dan menetap.

Biasanya, rumah dibuat seindah juga senyaman mungkin bagi penghuni rumah tersebut. Malang menjadi pilihan ternyaman dengan segala aspek rumah dijual di malang termurah menjadi pilihan terbaik, bangunan tersebut mempunyai fungsi sebagai tempat tinggal.

Akan tetapi terkadang banyak orang yang berpendapat serta menilai rumah sebagai tolak ukur kondisi dan keadaan, terutama ekonomi sebuah keluarga yang menghuninya. Intinya, rumah merupakan salah satu tolak ukur untuk mengetahui bagaimana kehidupan seseorang.

Rumah sekarang ini dapat diartikan sebagai tempat untuk berlindung atau berteduh dari pengaruh keadaan alam yang ada di sekitar kita seperti hujan, angin, matahari dan masih banyak lagi. Serta merupakan tempat beristirahat setelah bertugas untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari. Akan tetapi, pengertian rumah juga dapat ditinjau lebih jauh secara fisik dan psikologis.

Secara Fisik

Dapat dilihat dari segi fisik rumah berarti suatu bangunan tempat kembali dari bekerja, bepergian, tempat tidur dan dapat beristirahat mengistirahatkan kondisi fisik dan mental yang lelah dari melaksanakan tugas sehari-hari.

Secara Psikologis

Di lihat dari segi psikologis rumah berarti suatu tempat untuk tinggal dan melakukan hal-hal tersebut di atas, yang nyaman, damai, menyenangkan bagi penghuni rumah. rumah dalam pengertian psikologis tersebut lebih mengunggulkan situasi dan suasana dari pada kondisi dan keadaan fisik rumah itu sendiri.

Fungsi Rumah

Terlepas dari pengertiannya, tentu rumah mempunyai beberapa fungsi khususnya bagi penghuninya. rumah mempunyai beberapa fungsi utama, di antaranya adalah sebagai berikut:

Sebagai penunjang rasa aman (security)

Rumah merupakan jaminan bagi penghuninya sebagai tempat yang akan memberikan rasa aman berupa rasa kepemilikan bangunan rumah dan lahan (the form of tenure).

Sebagai penunjang kesempatan (opportunity)

Rumah merupakan sarana yang bisa dijadikan untuk penunjang kesempatan untuk yang menempati di mana untuk dapat mengembangkan kehidupan sosial ekonomi dan budaya atau kegunaan pengemban keluarga.

Sebagai penunjang identitas keluarga (identity)

Rumah sebagai tempat tinggal juga  dimaksudkan supaya penghuni dapat memperlihatkan identitas serta statusnya berdasarkan rumah yang dimilikinya.

Syarat Rumah Tinggal

Selain mengetahui pengertian rumah beserta dengan fungsinya, jika Kalian berniat membangun sebuah rumah untuk dihuni – Kalian juga harus mebngetahui berbagai macam persyaratan rumah tinggal. Berikut merupakan beberapa syarat sebuah untuk rumah dapat ditempati:

Aksebilitas

Akesebilitas merupakan salah satu syarat untuk sebuah rumah dapat ditempati, di mana ada bebrapa hal yang mesti diperhatikan dalam hal ini. Misalnya: kebutuhan transportasi terpenuhi dengan mudah dan murah, jarak tempat menuju fasilitas umum mudah dan cepat., jalan menuju lokasi mempunyai kualitas yang cukup baik, aman, nyaman, serta lancar.

Lingkungan

Aspek lingkungan juga merupakan sebuah syarat yang harus dipenuhi jika Kalian ingin menempati sebuah rumah. Misalnya, kesehatan lingkungan terpenuhi dengan jauh dari berbagai macam polusi, penataan lingkungan cukup asri dan alami, mempunyai ruang ruang terbuka yang cukup, serta terpenuhnya prasarana dan sarana memadai.

Pada dasarnya jika Kalian mempunyai rumah untuk bertempat tinggal, pastikan kondisi, keadaan, serta suasana rumah tersebut aman, nyaman, sehat, serta sesuai dengan organisasi keluarga. Di malang juga bisa menjadi solusi buat Anda rumah dijual di malang kota termurah.

Manfaat Mempunyai Rumah Sehat dan Bersih Untuk Kesehatan:

Menghalau penyebaran penyakit

Rumah yang jarang dibersihkan akan jadi sarang kuman, debu, tungau, dander hewan (sel kulit mati hewan yang mengelupas), bakteri, dan jamur. Membersihkan kamar mandi, kamar tidur, tempat cuci piring, lantai dan dinding rumah dapat melindungi kalian dan keluarga dari kuman berbahaya.

Selain area- area tersebut, dapur juga seringkali jadi sarang tumbuhnya penyakit. Jadi, ada baiknya selalu bersihkan dapur terutama sehabis memotong atau membersihkan bahan makanan mentah, terutama daging mentah yang dapat menjadi sarana penyebaran kuman.

Mencegah berkumpulnya tikus dan serangga

Tikus dan serangga merupakan hewan yang suka berada di lingkungan yang kotor. biasanya dapat berkembang biak dan sangat mudah bersembunyi di rumah yang tidak rapih. Selain itu, mereka dapat menyebarkan penyakit, bakteri, kuman, dan alergi.

Dengan menjadikan tempat tinggalmu sebagai rumah sehat, menutup makanan setiap habis makan, dan membuang sampah setiap hari, maka hal ini dapat menghindari adanya tikus dan serangga di rumah.

Mengurangi risiko alergi

Di dalam rumah yang berantakan, akan banyak sekali tungau debu rumah yang dapat menimbulkan alergi dan dapat menimbulkan serangan asma. Tungau sendiri dapat ditemukan di Kasur, bantal, guling, sofa, karpet, dan gorden.

Jangan lupa selalu bersihkan dan jemur peralatan tidur, gorden, dan karpet rumah secara rutin minimal 3 minggu sekali. Selain itu, pastikan setiap ruangan kamar mempunyai ventilasi yang baik sehingga sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan.

Meminimalkan stres

Sering kali ketika kalian sedang buru- buru dan sulit untuk menemukan suatu barang karena kondisi rumah yang berantakan. Hal ini dapat membuat kalian bertambah stress dan lebih lelah karena harus menggunakan energi tambahan untuk mencari barang. Jadi, ada baiknya selalu rapihkan barang- barang di rumah agar tetap bersih dan rapih.

Ada baiknya buat jadwal rutin untuk membersihkan dan merapihkan rumah. Mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang keluarga, garasi, hingga Gudang. Tidak hanya lantai saja yang dibersihkan, tetapi hingga ke dinding. Karena dapat saja dinding juga menjadi sarang berkumpulnya kuman.

News Feed