by

Mengenal Faktor Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Efektif

Aroma atau bau yang dikeluarkan oleh tubuh memang hal yang tidak dapat diprediksi, terkadang termasuk sebagai hal yang normal terjadi, namun ada kalanya juga tidak dan bisa jadi gejala sebuah penyakit berbahaya yang menyerang. Bahkan terkadang meskipun hanya aroma, namun membuat seseorang menjadi tidak percaya diri jika berkumpul dengan orang-orang lain yang ada di sekitarnya. Sebut saja diantaranya adalah bau kaki, pastinya Anda sendiri juga sering mengalami hal semacam ini bukan. Ketika baru saja membuka sepatu aroma tersebut langsung menyebar kemana-mana.

Faktanya banyak faktor yang bisa menyebabkan bau kaki ini, begitu juga cara menghilangkan bau kaki. Hanya saja meskipun dikatakan sebagai hal yang sangat sepele, tentunya bisa menurunkan bahkan menghilangkan rasa percaya diri jika seandainya terjadi, apalagi ketika sedang berkumpul dengan banyak orang dalam sebuah acara yang mengharuskan untuk tidak mengenakan sepatu. Untuk itu sangat penting sebelumnya bagi Anda untuk mengetahui faktor apa sajakah yang sebenarnya menyebabkan bau kaki tersebut, yaitu:

  1. Keringat, faktor utama yang sering kali menjadi pemicu bau kaki tersebut adalah keringat. Beberapa orang memang sering kali mengeluarkan keringat berlebihan, khususnya di bagian kaki. Jika seandainya Anda tidak mengganti kaus kaki dan dibiarkan selalu lembab dalam jangka waktu lama, secara otomatis hal ini akan mengundang beragam bakteri, termasuk diantaranya adalah yang dapat memicu bau. Itulah mengapa bau kaki ini sering kali muncul ketika musim panas dan juga saat Anda banyak beraktivitas. Jadi usahakan untuk rutin mencuci kaki menggunakan sabun antiseptik juga pastikan untuk rutin dalam mengganti kaus kaki Anda.
  2. Sepatu, selain dari keringat faktor lainnya adalah dari sepatu, jika seandainya sepatu jarang dicuci dan selalu digunakan setiap hari, maka secara otomatis banyak bakteri bahkan juga jamur yang berkembang biak di dalamnya. Kondisi ini sudah pasti akan menyebabkan aroma yang kurang sedap di kaki Anda bukan. Untuk itu biasakan diri untuk rutin dalam menjaga kebersihan sepatu Anda, paling tidak adalah dengan mencucinya seminggu sekali dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum nantinya digunakan kembali.
  3. Stres, seseorang tengah mengalami tekanan pikiran atau stres hal ini menyebabkan produksi keringat juga jadi berlebihan. Keringat yang keluar disebabkan oleh kondisi stres ini nantinya akan mengandung banyak sekali senyawa yang membuat aromanya kurang sedap. Bahkan juga pada bagian kaki hal ini sangat rentan menyebabkan aroma yang tidak sedap. Setidaknya siapkan beberapa kaus kaki cadangan ketika Anda berada di kantor. Sehingga nantinya tidak akan memicu aroma yang kurang sedap pada kaki Anda.
  4. Infeksi jamur, kebanyakan orang-orang yang senang dengan aktivitas fisik, khususnya adalah olahraga memang paling rentan untuk terkena infeksi jamur, inilah yang menyebabkan aroma kurang sedap pada kaki. Bahkan ketika mengoleskan krim antijamur sebenarnya hal ini hanya akan membuat aroma semakin tidak sedap. Untuk itu dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki masalah semacam ini hendaknya konsumsi obat atau antibiotik oral untuk penanganannya.

Mudah bukan, tidak ada salahnya untuk dicoba cara menghilangkan bau kaki sesuai dengan faktor penyebabnya. dengan demikian maka nantinya tidak akan malu lagi jika harus berkumpul dengan banyak orang tanpa alas kaki. Karena bagaimanapun sebenarnya bau ini tak hanya menganggu diri sendiri, melainkan juga orang-orang yang ada di sekitar Anda.

News Feed