by

Mau Berkemah Bareng Keluarga? 6 Perlengkapan Penting Ini Wajib Kamu Bawa!

Sumber: pinterest.com

Saat akhir pekan sudah tiba, biasanya setiap keluarga selalu merencanakan jadwal liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Namun, liburan tidak selalu harus pergi ke tempat-tempat hiburan atau penginapan mahal. Camping juga bisa menjadi salah satu kegiatan liburan alternatif untuk dilakukan di akhir pekan.

Melakukan kegiatan camping di lokasi yang memiliki panorama alam indah dapat membantu anak-anak untuk mengeksplorasi dan beradaptasi dengan pemandangan alam sekitar, sehingga bisa memberikan dampak positif untuk perkembangan mental dan fisik anak.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak sahabat-sahabat lama yang sudah jarang untuk bertemu. Berlibur bersama keluarga serta sahabat pastinya menjadi pilihan yang menyenangkan untuk dilakukan. Agar kegiatan camping kamu bersama keluarga semakin seru dan asyik, alangkah baiknya siapkan 6 perlengkapan penting ini untuk dibawa saat berkemah.

  1. Siapkan tenda

Sumber: pinterest.com

Perlengkapan pertama yang harus disiapkan untuk berkemah tentu saja tenda. Bawalah tenda yang memiliki ukuran sesuai dengan jumlah keluarga yang ikut dalam liburan ini.  Atau mungkin kamu bisa membawa beberapa tenda yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tentu bertujuan agar saat di dalam tenda kamu tidak akan berdesak-desakan, apalagi untuk anak-anak yang pastinya tidak akan nyaman dengan mereka.

Setelah tenda sudah siap, kamu juga perlu membawa tikar atau matras yang berukuran cukup dengan tenda. Pilihlah tikar atau matras yang mudah untuk dibawa, ya guys!

  1. Bawa peralatan makan

 

Sumber: pinterest.com

Selama berkemah tentunya kita memerlukan  peralatan logistik yang sesuai dengan kebutuhan. Bawalah makanan yang mudah untuk dimasak. Mungkin kamu bisa membawa mie instan, sosis panggang, abon, kopi instan dan sebagainya. Selain itu, kamu juga perlu membawa piring, sendok, garpu, mangkok dan juga gelas.

Jangan lupa juga untuk membawa peralatan memasak seperti kompor portable, panci, alat panggang dan sebagainya. Atau mungkin kamu ingin membuat api unggun untuk memasak juga tidak masalah. Asalkan kamu selalu berhati-hati dan jangan sampai merusak lingkungan sekitar, ya!

  1. Jangan lupa sleeping bag

 

Sumber: pinterest.com

Sleeping bag juga termasuk jajaran perlengkapan kemah yang paling penting untuk dibawa. Apalagi jika kita berkemah di tempat yang cukup dingin, maka kamu bisa mengandalkan perlengkapan yang satu ini untuk membantu mengurangi hawa dingin saat tidur di dalam tenda.

Bawalah sleeping bag yang mudah untuk dibawa. Tetapi kalau kamu tidak memiliki sleeping bag, kamu bisa membawa selimut untuk mengganti sleeping bag. Dengan begitu, kamu tidak akan kedinginan saat ingin tidur di dalam tenda.

  1. Siapkan juga pakaian Ganti

Sumber: pinterest.com

Walaupun berkemah di alam terbuka bukan berarti kamu tidak memerlukan pakaian ganti.  Kamu juga membutuhkan pakaian ganti selama berkemah bersama keluarga, bawalah pakaian minimal tiga set seperti tiga baju, tiga celana dan tiga dalaman ganti.

Satu set tersebut bisa dipakai saat ingin beraktivitas, untuk kamu tidur dan juga sebagai  cadangan jika sewaktu-waktu pakaianmu kotor atau basah. Terutama buat anak-anak yang senang bermain di alam terbuka.

  1. Bawalah sweater atau jaket

Sumber: pinterest.com

Jika berkemah di tempat yang cukup dingin dan sejuk, alangkah baiknya  membawa sweater atau jaket untuk mengurangi hawa dingin yang masuk kedalam tubuh. Kamu juga bisa membawa kupluk sebagai tambahan untuk menghangatkan tubuh dengan keluarga.

Pilihlah jaket yang memiliki bahan Gore Tex yang mampu tahan air serta tahan angin . Kamu bisa membeli jaket terbaru tersebut di beberapa toko online langganan kamu untuk dipakai saat berkemah dengan keluarga.

  1. Perlengkapan pribadi juga tak boleh ketinggalan

Sumber: pinterest.com

Saat liburan tentunya kita ingin bersenang-senang dengan keluarga, bukan? Maka dari itu, kamu juga perlu membawa obat-obatan pribadi kamu seperti obat demam, diare, maag, minyak kayu putih dan sebagainya. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan peralatan mandi.

Ya, walaupun di tempat perkemahan tidak selalu ada fasilitas yang lengkap, tetapi tidak ada salahnya bukan untuk menjaga kebersihan diri dan juga keluarga. Membawa headlamp atau lampu juga tak kalah pentingnya untuk dibawa saat berkemah. Tentunya akan mempermudah kamu saat ingin melakukan kegiatan di malam hari.

Demikianlah pembahasan tentang 6 perlengkapan penting yang wajib dibawa saat berkemah. Selama melakukan kegiatan berkemah di alam terbuka tentunya kalian harus tetap menjaga kebersihan di lingkungan sekitar, ya!. Baca juga Kelebihan Beli Tiket Kereta Api Online.

News Feed