by

Liburan Ke Pantai Sundak Gunung Kidul Bersama Joglo Wisata

Berlibur ke pantai saat ini memang sudah seperti kegiatan wajib untuk melepas penat setelah lama beraktivitas. Untuk mendapatkannya Anda bisa memilih paket wisata Jogja di Pantai Sundak bersama keluarga. Apa saja daya tarik yang ditawarkan oleh pantai yang satu ini? Ketahui dahulu informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Daya Tarik Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah pantai yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Kec. Tepus yang berdempetan langsung dengan pantai-pantai lainnya. Yakni Pantai Baron, Pantai Drini, dan Pantai Krakal.

Memiliki daya tarik yang beragam, Anda tentu tidak akan menaruh keraguan jika sudah mengetahui keindahan apa saja yang ditawarkan dari pantai ini. Seperti pantai pasir putih yang menawan dengan air yang jernih dan menyegarkan.

Selain keindahan pantai saat berwisata ke Pantai Sundak pun, Anda bisa berjalan-jalan di tepi pantainya dengan pemandangan batu-batu karang kecil. Di dalamnya terdapat hewan-hewan laut yang bersembunyi.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati paket wisata Jogja wilayah utara dari Pantai Sundak yang menawarkan berbagai pemandangan menarik. Seperti bukit kapur dan bukit karang dengan ketinggian 12 meter. Lokasi ini tentu sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang menarik. Terdapat pula sebuah goa atau lorong yang dapat dimasuki yang ada di sekitar batu karang.

Berdasarkan sejarahnya, batu karang tersebut dulunya masih terbenam air laut di sekitar tahun 1930. Seiring berjalannya waktu, struktur dari Pantai Selatan menjadi penyebab mengapa air di Pantai Sundak Gunungkkidul mengalami penyusutan.

Beberapa daya tarik lain yang ditawarkan oleh Pantai Sundak Gunungkkidul adalah batu-batuan jenis karang yang berbentuk payung. Terdapat pula bukit-bukit pemisah yang memisahkan pantai-pantai lain dengan Pantai Sundak. Jika ingin lebih seru maka Anda juga bisa mencoba camping karena di sana disediakan area khusus untuk camping.

Selain beberapa daya tarik di atas terdapat pula beberapa fasilitas lain yang disediakan oleh Pantai Sundak. Beberapa fasilitas tersebut meliputi:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Mushola atau tempat ibadah
  • Kamar ganti
  • Toilet
  • Gazebo yang biasa digunakan untuk bersantai

Setelah mengetahui daya tarik dan fasilitas yang ada di Pantai Sundak rasanya tak lengkap jika belum mengetahui asal muasal dari wilayah ini. Untuk itu ketahui juga sejarah wisata Pantai Sundak pada penjelasan di bawah ini.

Sejarah Penemuan Wisata Pantai Sundak

Sejarah keberadaan Pantai Sundak berawal dari anjing milik penduduk setempat yang bernama Arjasangku. Seperti hewan pada umumnya yang mencari makan, seekor anjing ini berlarian untuk mencari makanan di sekitar bibir pantai. Saat menemukan lokasi goa yang terbentuk dari batu karang, anjing ini menemukan seekor landak yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai.

Berlangsungkah perkelahian antara anjing milik Arjasangku dengan landak yang akhirnya dimenangkan oleh anjing sehingga landak pun disantapnya. Tak lama kemudian kejadian ini diketahui oleh Arjasangku. Ia melihat anjing miliknya membawa beberapa potongan tubuh landak. Yang uniknya adalah anjing tersebut keluar dari gua dalam keadaan basah kuyup.

Arjasangku pun tak hanya dikejutkan oleh anjingnya yang memangsa landak namun juga penemuan mata air yang ada di sekitar goa tersebut. Kemudian tersebarlah informasi mengenai keberadaan air ke penduduk setempat. Itulah sepenggal sejarah dari Pantai Sundak.

Jika penasaran, maka Anda bisa langsung menjadikan lokasi ini sebagai destinasi liburan bersama keluarga di Yogyakarta. Selain bersejarah, tempat wisata Jog ini juga sangat menarik dengan berbagai daya tariknya yang indah.

News Feed