by

Kenali Perbedaan Sunblock dan Sunscreen

Anda pasti sering sekali mendengar banyak make up artist atau beauty influencer yang mengulas tentang sunscreen dan sunblock. Namun Anda masih bingung perbedaan kedua produk tersebut. Secara garis besar, sunscreen dan sunblock memang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari panasnya matahari. Lalu, di mana perbedaannya? Yuk, simak ulasan singkat berikut.

Perbedaan Kandungan dan Tekstur

Sunscreen sering juga disebut sebagai chemical sunscreen karena mengandung beberapa senyawa kimia seperti avobenzone, oxybenzone, octocrylene, dan lainnya yang berfungsi untuk menyerap sinar matahari. Tekstur sunscreen cenderung ringan, mudah menyerap tanpa meninggalkan residu, dan mudah saat diaplikasikan.

Sunblock mengandung mineral dan zinc yang berfungsi menangkal sinar matahari. Karena melindungi dari luar inilah sehingga sunblock sering juga disebut physical sunscreen. Tekstur dari sunblock cenderung padat, sulit diaplikasikan dan meninggalkan residu putih di kulit.

Fungsi dan Cara Kerja

Secara singkat, sunscreen melindungi kulit dari dalam. Kandungan kimia dari sunscreen yang menyerap dan menyaring sinar matahari akan memberikan perlindungan jangka panjang dari dalam sehingga tidak merusak kulit. Fokus dari sunscreen juga melindungi kulit dari sinar UVA (Aging), yaitu melindungi kulit dari penuaan dini.

Berbeda dengan sunscreen, sunblock yang melindungi kulit dari luar akan membentuk lapisan di permukaan kulit sehingga sinar matahari tidak bisa menembus kulit. Karena fungsinya itulah sunblock juga fokus untuk melindungi kulit dari sinar UVB (Burning), sehingga mencegah kulit terbakar karena panas matahari. Seiring berjalannya waktu, beberapa produk sunscreen dan sunblock  kini sudah memiliki broad spectrum, yang fungsinya melindungi kulit dari UVA dan UVB. Jadi, Anda bisa bebas jalan-jalan di Labuan Bajo tanpa khawatir.

Mana yang lebih baik, sunscreen atau sunblock? Tergantung pemakaiannya. Untuk aktifitas sehari-hari, Anda dapat menggunakan sunscreen. Jika Anda sedang aktifitas di luar ruangan, berjemur di pantai, atau sedang mengunjungi pulau-pulau di Labuan Bajo, Anda dapat menggunakan sunblock.

Jika Anda ingin memakai sunscreen dan sunblock, pilihlah yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) 30 atau lebih, misalkan SPF 40, 45, atau 50. Hal ini dilakukan karena SPF 30 dapat melindungi kulit dari sinar matahari sebanyak 97% sebanyak 300 menit. Begitupun dengan SPF 40 yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari sebanyak 400 menit. Sebelum jangka waktu habis, Anda dianjurkan untuk mengoles lagi untuk perlindungan menyeluruh setiap hari.

Ada satu perbedaan lagi antara sunscreen dan sunblock. Karena sifatnya yang menyerap, sebaiknya gunakan sunscreen 15-20 menit sebelum beraktifitas keluar rumah. Sunscreen membutuhkan waktu untuk ‘bekerja’ sebelum akhirnya memberikan perlindungan terhadap kulit dari dalam. Lain halnya dengan sunblock yang tidak membutuhkan jarak waktu dari pemakaian ke aktifitas karena cara kerjanya yang memberikan lapisan pelindung kulit dari luar.