by

Kelebihan Datsun Cross Selain Bagian Eksterior dan Interior

Pastinya kalian masih ingat tentang Datsun Cross yang diluncurkan untuk pasar Indonesia Januari 2018 lalu? Datsun Cross crossover Datsun pertama dan memang dibuat khusus untuk passes Tanah Air dan berdasarkan kebutuhan konsumen Indonesia.

crossover ini sangat baru walaupun platformnya diambil dari Datsun Go+ Panca. Terbarunya mobil ini dapat dilihat dari beberapa bagian eksterior berupa desain grille, foglamp, headlamp aksen krom di bawah grille, spoiler depan, roof rail, desain velg yang baru dan pemakaian ban lima belas inci.

Dan pada bagian interior, desain kabinnya juga berbeda dengan Datsun yang sudah beredar sebelumnya adalah lebih elegan dan lebih kekinian. Desain cluster meter juga baru dengan sentuhan warna biru sehingga membuat indikator menjadi lebih terang. Pada mobil ini juga terdapat display layar sentuh 6,75 inci yang di dalamnya sejumlah informasi tentang mobil, navigasi dan sistem infotainment. Akan tetapi sayang, kualitas tombol pengatur AC yang berada di bawah display kurang menarik dan terkesan murahan.

Nah di sini apa saja sih kelebihan Datsun Cross ini selain bagian eksterior dan interior?

  • Kelebihan Mesin Datsun Cross

Mesin yang digunakan merupakan tiga silinder DOHC 1.200 cc yang dapat menghasilkan tenaga 67 hp untuk versi transmisi manual 5-kecepatan dengan torsi 104 Nm. Sehingga pada versi transmisi CVT mengusung mesin yang sama dengan tenaga jauh lebih besar 77 hp dan torsi 104 Nm.

  • Kelebihan Transmisi CVT

Bagi Datsun ini adalah pertama kalinya menjalankan transmisi CVT karena versi yang beredar di Indonesia sebelumnya merupakan transmisi manual 5-kecepatan. Transmisi ini merupakan mengadopsi teknologi CVT terbaru yang dikembangkan oleh Nissan. Terlihat Struktur Xtronic CVT dengan gearbox tambahan itu memiliki rasio coverage 7:3:1 yang diklaim oleh pabrikan merupakan kelas atas dunia dalam pengembangan transmisi ini.

  • Kelebihan Fitur Teknologi Vehicle Dynamic Control (VDC)

Nah di sini mengenai fitur ini mirip dengan Vehicle Stability Control (VSC) yang selalu menjaga stabilitas kendaraan di permukaan jalan dalam keadaan licin pada saat menikung misalnya, sehingga pegangan mobil tetap terjaga. VDC system ini terdiri dari Traction Control System (Anti-Lock Braking System). Dengan Electronic Brake-Force Distribution (EBD) dan Brake-Limited Slip Differential (B-LSD).

  • Kelebihan Keempat Suspensi yang Cukup Empuk

Dengan ground clearance 200mm dan ban berukuran lima belas inci, suspensi Datsun Cross terasa sangat pas dan empuk. Di sini sempat mencobanya pada lintasan bumpy di Bridgestone Proving Ground pada kecepatan 40km/jam. Dan jika dibandingkan dengan Datsun sebelumnya, suspensi yang sekarang jauh lebih baik dibandingkan yang sebelumnya karena sudah mendapatkan penyempurnaan. Hal ini juga diamini oleh Nobuyuki Kawai.

Itulah informasi tentang kelebihan Datsun Cross selain bagian eksterior dan interior dan anda juga bisa lihat tentang harga datsun go cross terbaru 2020. Semoga bermanfaat buat anda semuanya.