by

Kadar pH Terbaik untuk Air Mineral Menurut Dokter

Air mineral merupakan kebutuhan pokok manusia guna menjaga cairan tubuh tetap stabil. Namun, banyak sekali syarat dan cara menentukan air mineral terbaik yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat.

Baik dari warnanya, bau, hingga rasa dari air mineral tersebut. Namun, untuk air mineral tersendiri ada satu unsur yang tidak kalah penting yaitu kadar pH.

Apa itu pH? Singkatan dari Power of Hydrogen yaitu satuan derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman dan kebasaan yang ada pada suatu larutan. Air termasuk larutan yang memiliki kadar basa dan asam [1].

Untuk menentukan pH sendiri dibutuhkan penelitian yang lebih intensif oleh para pakar atau ahli. Kadar pH berawal dari skala 1 hingga 14, namun ada acuan tersendiri guna menentukan kadar yang baik untuk dikonsumsi.

Karena pada dasarnya air mineral yang memiliki kadar pH tinggi masih diragukan manfaatnya dan masih sebatas klaim. Adapun batasan yang penting untuk air mineral dengan pH tertentu agar tidak memberikan efek samping.

Saran Kandungan pH Air Mineral

Air minum memiliki kadar pH seperti larutan lainnya, namun ada batasan terpenting untuk menentukan kadar pH yang baik bagi tubuh. Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Ari Fahrial Syam menyarankan kadar pH air yang baik [2].

Menurut Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH air murni yang baik memiliki kadar pH di angka 7. Menurutnya angka pH yang terlalu tinggi seperti di atas 9 akan sangat basa dan berpotensi merusak lambung.

Banyak isu yang meyakini bahwa air pH tinggi seperti alkali dapat memberikan manfaat. Namun isu ini belum teruji secara ilmiah.

Kadar pH yang tinggi tidak mampu memberikan manfaat yang diklaim oleh beberapa pihak.

Alkali yang memiliki kadar pH hingga 9 memiliki klaim dapat menurunkan asam lambung, menambah kesehatan tulang dan memperlambat pertumbuhan sel kanker [3].

Meski demikian, memang belum ada bukti atau hasil uji coba atas khasiat yang diklaim pada air alkali.

Efek Buruk Air Minum dengan pH Tinggi

Organ tubuh memang memiliki kebutuhan atas air mineral dengan kualitas terbaik. Selain karena khasiatnya, higienitas dan sumber airnya menjadi konseptual utama sebagai syarat kesehatan air.

Air dengan pH yang baik seharusnya tidak mengubah komposisi pH asam lambung yang berada di kisaran 1  sampai 2. Hal ini memang dibutuhkan untuk membunuh kuman dan mencerna makanan.

Selain itu, dr. Ari Fahrial Syam menyarankan untuk memeriksakan langsung ke dokter jika memiliki gejala asam lambung berlebih. Karena ada obat yang berguna untuk menetralkan asam lambung namun harus sesuai anjuran dokter [3].

Manfaat Air Mineral dengan pH Sesuai Anjuran

Air mineral terbaik sesuai anjuran dokter adalah di kadar pH 7. Kandungan ini mampu menjaga kadar mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

Klaim tentang khasiat air alkali dengan pH yang tinggi juga bisa didapatkan dari air mineral pada umumnya. Karena proses penyaringan alami dari mata air pegunungan mengandung berbagai macam mineral yang baik bagi tubuh [3].

Organ tubuh memang bergantung dengan air mineral, namun harus dari sumber yang terpercaya. Kalsium, Kalium, Magnesium, Silica, Zinc, hingga Zat Besi bisa didapatkan melalui air mineral dengan kualitas terbaik [4].

AQUA melakukan berbagai penelitian guna menjaga kualitas dan mineral yang terkandung dengan standar 9 kriteria, 5 syarat dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi.

Proses penyaringan, pengemasan, distribusi hingga sampai di tangan konsumen dijaga dengan sangat baik. Setiap tetesan dari AQUA mampu memberikan manfaat yang baik dari 17 sumber mata air yang terjaga dari Sabang sampai Merauke [5].

Karena AQUA yakin setiap kebaikan memberikan manfaat dan Kebaikan Berawal Dari Sini.

Jadi kamu sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://www.sehatq.com/artikel/berapa-kadar-ph-air-minum-yang-bagus-bagi-tubuh
  2. https://www.beritasatu.com/kesehatan/239753-konsumsi-air-dengan-ph-tinggi-bisa-merusak-struktur-lambung
  3. https://www.alodokter.com/manfaat-ph-air-minum-yang-lebih-tinggi-bagi-tubuh
  4. https://www.sehataqua.co.id/fakta-air-mineral-yang-perlu-anda-ketahui/
  5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/

News Feed