by

Inilah Beberapa Jenis Alat Bantu Dengar untuk Mengatasi Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran yang dialami oleh seseorang baik karena pengaruh usia maupun penyakit dan lainnya bisa sangat mengganggu aktivitas. Dengan fungsi pendengaran yang buruk seseorang dapat mengalami hambatan berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan seseorang bisa tampak pikun meski masih memiliki daya ingat kuat. Bagi bayi yang mengalami gangguan pendengaran dan tidak diobati hingga dewasa, bisa mengakibatkan ia tak pandai berbicara karena sulitnya proses meniru kosa kata. Pastinya hal-hal tersebut tak ingin terjadi pada Anda dan keluarga bukan? Untuk itu jika ada yang mengalami gangguan pendengaran, segera lakukan konsultasi dengan ahlinya karena sekarang ini ada alat bantu dengar yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Ada beberapa nama alat bantu dengar yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah pendengaran. Namun pada umumnya nama-nama tersebut bisa diklasifikasikan ke dalam kategori model tertentu yaitu:

  • Receiver in the canal.

ABD dimana receiver berada di dalam saluran telinga (canal).

  • Receiver in the ear.

ABD dimana receiver diletakkan di telinga bagian luar.

  • Receiver behind the ear.

ABD dimana receiver berada di belakang telinga.

  • In the canal.

ABD dengan receiver dan bagian lainnya berada di saluran telinga.

  • Completely in the canal.

Seluruh bagian ABD berada di telinga dalam.

Dari beberapa model ABD tersebut di atas, semuanya memiliki cara kerja alat bantu dengar yang berbeda sesuai dengan peletakannya. Namun ada beberapa cara kerja umum yang pasti ada di dalam setiap ABD yaitu:

  • Memperkuat sinyal untuk diteruskan ke telinga dalam.
  • Mengurangi noise atau suara bising.
  • Mengurangi tekanan di dalam telinga yang menyebabkan rasa sakit atau suara bising.

Bagi Anda yang memiliki masalah pendengaran atau memiliki keluarga dengan masalah pendengaran, kini tak perlu khawatir karena sudah ada solusinya. Anda bisa datang ke Pusat Alat Bantu Dengar Melawai untuk melakukan tes terlebih dahulu dan menentukan ABD mana yang paling sesuai dan bermanfaat untuk kondisi tersebut. Dengan pemasangan ABD, indra pendengaran dapat berfungsi kembali dengan normal sehingga Anda bisa beraktivitas dengan lancar.