Ini Tanda-tanda Menstruasi akan Tiba Dalam Waktu Dekat

Kesehatan31 views

Tanda tanda menstruasi merupakan sebuah siklus alami yang sering terjadi pada tubuh seorang wanita. Siklus ini pada umumnya terjadi setiap 4 minggu, dari mulai hari pertama di mulainya menstruasi sampai dengan nanti hari pertama dari menstruasi yang berikutnya tiba.

Meskipun demikian tidak semua wanita itu mengalami tanda-tanda menstruasi atau siklus yang sama. Terkadang siklus menstruasi ini bisa datang lebih lambat ataupun lebih cepat pada jarak perbedaan sekitar 21 hari sampai dengan 35 hari. Hormon estrogen yang ada pada tubuh seorang wanita itu pasalnya akan bida meningkat setiap siklus menstruasi ini bersiap untuk menghadapi terjadinya kehamilan.

Pelepasan sel telur dari ovarium atau yang biasa dikenal juga sebagai masa ovulasi ini bisa saja terjadi dan juga dinding rahim kemudian akan menebal. Kalau tidak dibuahi, maka nantinya sel telur ini akan diserap oleh tubuh dan juga dinding rahim yang sebelumnya sudah menebal akan menjadi luruh.

Setelah itu, dari tubuh akan mengalir keluar dan bercampur bersama dengan darah. Suatu proses keluarnya darah dari vagina ini juga basanya disebut sebagai datang bulan atau haid. Umumnya, periode menstruasi setiap perempuan itu dapat berbeda-beda.

Sebagian perempuan mungkin mengalami siklus datang bulan atau menstruasi yang bisa dikatakan teratur sehingga cukup mudah untuk diprediksi. Tetapi, tidak semua perempuan itu bisa memprediksi kapan saja waktunya mereka akan menstruasi dan juga menggunakan sebuah tanda-tanda menstruasi untuk bisa mengenalinya.

Tanda-tanda menstruasi yang sering sekali dialami oleh para perempuan juga dapat berbeda. Bahkan bisa saja pada perempuan yang sama, itu mungkin mengalami tanda-tanda datang bulan atau menstruasi yang tidak sama. Walaupun hal yang satu ini cukup umum terjadi, menstruasi atau datang bulan tanpa adanya persiapan itu bisa menimbulkan sebuah rasa yang tidak nyaman.

Bahkan sering sekali mengganggu aktivitas kalian. Maka dari itu, kalian sangat perlu sekali untuk mengetahui tanda-tanda dari menstruasi yang akan ditunjukkan oleh tubuh kalian. Tanda-tanda menstruasi sendiri lebih sering dikenal sebagai istilah premenstrual syndrome atau yang bisa disingkat menjadi PMS.

Lebih dari 90% perempuan itu mengalami sebuah gejala PMS atau menstruasi, tetapi gejalanya ini berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Gejala menstruasi yang muncul itu sebagian besar tergolong cukup ringan, namun pada sebagian perempuan menstruasi ini bisa menjadi lumayan parah sehingga dapat mengganggu aktivitas mereka sehari-hari.

Pada umumnya, tenda-tanda dari menstruasi atau datang bulan ini akan dapat terjadi sekitar lima hari bahkan bisa juga sampai dua minggu lamanya sebelum menstruasi ini datang. Lalu apa saja si gejala atau tanda-tanda dari menstruasi itu akan segera datang dalam waktu yang lumayan dekat? Untuk menjawab pertanyaan kalian, di bawah ini kami sudah merangkum beberapa tanda-tanda dari menstruasi yang harus kalian ketahui agar bisa bersiap diri.

Perut Kembung

Salah satu tanda dari datangnya menstruasi itu yang cukup sering dialami yaitu perut kembung. Hal ini sendiri bisa saja terjadi akibat adanya perubahan hormon dan juga makanan yang kalian konsumsi. Agar bisa mencegah adanya keluhan perut kembung, disarankan untuk kalian lebih banyak lagi meminum air mineral, menghindari makanan yang mengandung gas, makan dalam porsi yang kecil, dan juga rutin untuk berolahraga.

Payudara Nyeri

Payudara yang terasa kencang atau nyeri itu juga bisa menjadi tanda dari menstruasi akan segera tiba dalam waktu yang dekat. Kondisi yang satu ini sendiri dapat dipengaruhi oleh adanya sebuah perubahan hormon progesteron yang lebih cenderung meningkat ketika menjelang masa datang bulan atau menstruasi. Umumnya payudara yang sakit ini akan bisa mereda ketika masa menstruasi dimulai ataupun setelah menstruasi selesai.

Nafsu Makan Meningkat

Nafsu makan kalian cenderung akan bisa meningkat ketika menjelang masa menstruasi. Mungkin kalian menginginkan makanan yang manis seperti misalnya cokelat, permen, ataupun makanan cepat saji. Walaupun nafsu makan kalian itu meningkat, ada baiknya jika kalian harus tetap memperhatikan pola makan yang sehat. Hal ini sendiri dapat disiasati dengan kalian mengonsumsi cokelat hitam ketimbang cokelat susu, jika kalian sedang menginginkan makanan ringan.

Muncul Jerawat

Selain tanda-tanda dari datangnya menstruasi yang sudah kita bahas di atas, jerawat juga menjadi salah satu keluhan yang paling banyak sekali terjadi ketika akan menjelang masa datang bulan atau menstruasi. Kondisi yang satu ini sendiri disebabkan oleh meningkatnya kadar dari hormon progesteron sehingga bisa memicu produksi sebum yang jauh lebih banyak dan bisa menyumbat pori-pori kulit wajah kalian, dan akhirnya jerawat ini pun muncul.

Mood Swing

Kalian bisa saja mengalami sebuah perubahan mood, seperti misalnya kesal, sedih, dan juga senang dalam waktu yang sangat cepat ataupun mood swing yang terjadi sebelum datang bulan atau menstruasi tiba. Tanda-tanda menstruasi yang satu ini akan dapat mereda setelah kalian sudah mulai menstruasi. Jika kalian mengalami sebuah mood swing akibat dari menstruasi, disarankan untuk kalian agar bisa mencukupi waktu istirahat.