by

Ini Dia Tanda-tanda Stress Karena Virus Corona

Untuk menghadapi krisis wabah virus corona ada banyak cara yang dilakukan oleh orang tergantung dari caranya masing-masing. Dimana ada yang menghadapinya dengan tenang dan santai saja, ada juga yang berusaha terbaik dengan melakukan berbagai upaya pencegahan yang bisa dilakukan seperti dengan mencuci tangan hingga tinggal di rumah, akan tetapi juga ada yang justru menghadapinya dengan rasa cemas yang berlebihan. Wajar saja apabila mengalami stress dan cemas menghadapi krisis global ini, akan tetapi apabila sampai merasa stress yang berlebihan maka bisa untuk segera berkonsultasi. Karena masih krisis juga akan lebih untuk menggunakan aplikasi Halodoc yang dapat untuk menghubungi dokter secara online sehingga tidak perlu untuk keluar rumah. Adapun ciri-ciri ketika Anda sudah harus berkonsultasi ke dokter adalah ketika mengalami beberapa hal berikut ini:

  • Rasa takut dan khawatir yang berlebihan

Hal pertama yang bisa menjadi tanda bahwa Anda bisa menghubungi dokter di Halodoc adalah ketika mengalami rasa takut dan khawatir yang berlebihan. Bisa dibilang berlebihan sendiri adalah tergantung dari kadar ketakutan Anda yang dirasakan. Dimana apabila sudah paranoid bahwa virus ini akan dapat untuk mengancam kesehatan diri sendiri dan juga keluarga sehingga bertindak ekstrim maka lebih baik segera untuk berkonsultasi lewat Halodoc. Sehingga nantinya akan mendapatkan solusi untuk mengatasi rasa cemas berlebihan yang dirasakan.

  • Perubahan pola makan dan tidur

Hal selanjutnya yang dirasakan dan perlu untuk berkonsultasi ke dokter adalah ketika mengalami pola makan dan tidur yang berubah. Stress karena virus corona juga akan membuat Anda mengalami perubahan pola makan sehingga menjadi telat makan atau makan tidak teratur. Hal tersebut karena terlalu terpaku mengenai perkembangan virus ini dan tidak memperdulikan hal lainnya. Begitu juga dengan pola tidur yang terganggu karena kecemasan berlebihan yang dialami.

  • Sulit tidur

Untuk masalah selanjutnya yang dirasakan adalah ketika mengalami sulit tidur. Ketika paranoid sudah berlebihan maka hal tersebut akan membuat Anda merasa stress dan juga akibatnya susah tidur. Sehingga hal ini juga akan mengganggu pola tidur biasanya seperti yang telah dijelaskan. Ketika sudah tidur juga tidak bisa untuk tidur nyenyak karena mempunyai beban pikiran yang banyak mengenai masalah corona. Oleh karena itulah sebelum menjadi hal yang terlalu jauh dan berpengaruh pada kesehatan maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mengatasi masalah tidur yang dialami. Karena apabila mengalami masalah tidur nantinya juga dapat mengganggu konsentrasi dan juga aktivitas lainnya yang harus tetap dilakukan.

  • Masalah kesehatan yang terganggu

Hal selanjutnya yang menandakan bahwa stress yang dirasakan karena corona sudah berlebihan dan tidak sehat adalah ketika masalah kesehatan juga terganggu. Hal ini bisa ditandai ketika Anda mempunyai masalah kesehatan kronis sehingga akan lebih mudah kambuh. Oleh karena itulah untuk mengatasi hal ini maka bisa untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sehingga stress karena corona tidak membuat masalah kesehatan kronis yang dialami menjadi lebih buruk.

  • Mengkonsumsi alkohol, rokok, dan obat-obatan

Hal terakhir yang dapat menandakan bahwa stress yang dialami karena masalah virus corona juga berlebihan adalah meningkatkan konsumsi alkohol, rokok, hingga obat-obatan. Biasanya kebiasaan ini terjadi ketika mengalami stress sehingga hal tersebut dapat meringankan beban pikiran. Tetapi justru kebiasaan ini sebaiknya dihindari selama wabah corona karena justru menjadi kebiasaan buruk yang dapat merusak imun sehingga membuat tubuh lebih mudah sakit.

News Feed