by

Ini Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami

Menstruasi adalah siklus normal seorang wanita setiap bulannya. Jumlah hari menstruasi bisa bervariasi pada setiap wanita. Namun, umumnya menstruasi berlangsung selama 3–7 hari. Wanita dikatakan mengalami telat haid apabila menstruasi tidak terjadi selama 5 hari sejak tanggal seharusnya.

Banyak faktor yang memicu telatnya datang bulan, seperti kehamilan, mengonsumsi pil KB, stres, dan gangguan hormon sampai mengidap penyakit tertentu. Jika disebabkan oleh kehamilan maupun konsumsi pil KB, maka telat datang bulan adalah hal yang normal. Kendati demikian, penyebab telat datang bulan lainnya perlu ditangani karena bisa menimbulkan efek jangka panjang jika tidak segera ditangani.

Cara Mengatasi Telat Menstruasi Secara Alami

Pada umumnya, dokter akan meresepkan pil KB atau terapi hormon untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur bagi sebagian wanita. Dalam kasus yang masih tergolong ringan, periode yang tidak teratur ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara alami berikut ini:

1. Ubah pola makan menjadi lebih sehat

Tidak mendapatkan gizi yang seimbang dapat membuat hipotalamus, hipofisis, dan kelenjar adrenal tak bekerja dengan baik. Jika siklus menstruasi ingin teratur seperti sedia kala, mulailah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Hindari konsumsi makanan tinggi lemak, makanan olahan, dan makanan berpengawet. Perbanyak makanan bergizi, terutama makanan yang mengandung folat.

Penelitian membuktikan jika asupan folat dapat membuat ovulasi teratur dan meningkatkan kadar progesteron. Pada gilirannya, folat dapat mendukung kesuburan sehingga menstruasi bisa lebih teratur. Adapun sebuah anggapan bahwa konsumsi nanas dan pepaya dapat membantu mengatur menstruasi.

Pepaya mengandung karoten, nutrisi yang mendukung kadar estrogen dan dapat membantu rahim berkontraksi. Sementara itu, nanas mengandung enzim bromelain yang dapat melancarkan aliran darah dan pembentukan sel darah merah dan putih.

2. Pertahankan berat badan yang sehat

Faktor yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan pola makan seseorang. Berat badan ternyata dapat memengaruhi siklus menstruasi dan cenderung membuat menstruasi terasa lebih menyakitkan. Ini karena, kelebihan berat badan dapat mempengaruhi hormon tubuh.

3. Berolahraga secara teratur

Rutin berolahraga dapat mengurangi gejala pra menstruasi dan nyeri haid. Jika ingin siklus menstruasi selalu teratur, usahakan untuk berolahraga ringan minimal 30 menit per hari. Tak perlu olahraga yang muluk-muluk, kamu bisa berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Namun, pastikan tidak berolahraga secara berlebihan karena olahraga berlebihan juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. 

4. Terapkan kebiasaan tidur yang baik

Insomnia atau kebiasaan begadang dapat mengacaukan ritme sirkadian tubuh. Apabila kebiasaan ini dilanjutkan, maka bisa memengaruhi siklus menstruasi. Untuk menerapkan kebiasaan tidur yang baik, sebaiknya pergi tidur dan bangun pada waktu yang hampir sama setiap hari. Supaya lebih mudah tertidur, hindari tidur siang, matikan peralatan elektronik sebelum tidur dan hindari mengonsumsi kafein di siang hari.

5. Kurangi stres

Kelenjar adrenal akan mengeluarkan kortisol dan progesteron sebagai respon terhadap stres. Meski pelepasan progesteron bertujuan untuk mengurangi ketegangan atau kecemasan, nyatanya proses ini dapat memengaruhi siklus menstruasi. Oleh sebab itu, atasi stres dengan baik dengan mengidentifikasi koping stres yang paling tepat versi kamu. Kamu bisa belajar meditasi, curhat dengan sahabat, atau sekedar melakukan hobi yang kamu sukai.