by

Cara Mengembalikan HP Android ke Pengaturan Pabrik dengan Factory Reset

Cara Mengembalikan HP Android ke Pengaturan Pabrik dengan Factory ResetPernah tidak Hp Anda mengalami hang atau tiba-tiba mati dan tidak mau masuk ke dalam sistem? Tentu sangat menjengkelkan ketika sedang sibuk-sibuknya, tiba-tiba Hp mengalami bootlop dan tidak merespon saat diberikan perintah. Nah, biasanya hal ini terjadi karena adanya cache yang menumpuk saat Anda menginstal sebuah aplikasi.

Agar bisa menjalankannya seperti sedia kala, Anda perlu memberikan service khusus yakni dengan melakukan factory reset atau membuatnya bersih seperti pengaturan awal pabrik.  Biasanya jika sudah terjadi seperti ini pasti Anda akan melakukan servise ke counter terdekat. Namun, Anda bisa menghemat pembiayaan dengan melakukannya sendiri.

Melakukan reset tidaklah susah, hampir semua Hp Android memiliki pengaturan dan tahapan yang sama dalam melakukan pengembalian pengaturan pabrik. Tetapi menu untuk membuka sistem reset ini berbeda-beda. nah, langsung saja simak cara reset Hp Android dengan menggunakan fitur factory reset.

Via Menu Settingan di Android

Sebelum melakukan reset pabrik, ada baiknya Anda mem-back up segala data penting yang ingin Anda selamatkan. Pindahkan semua data-data yang tersimpan pada penyimpanan internal menuju penyimpanan eksternal. Pada saat proses pengembalian pengaturan pabrik semua data Anda di penyimpanan internal akan otomatis dihapus.

Tahapan melakukan factory reset menggunakan menu settingan di Android ini cukup mudah. Anda tinggal masuk ke menu pengaturan atau setting, lalu carilah menu backup dan reset. Klik pada pilihan factory data reset, centang beberapa pilihan yang menurut Anda perlu. Lalu klik menu reset device. Prosesnya sangat cepat, cara reset hp android Anda hanya perlu menunggu 3-10 menit saja. Ketika sudah selesai Hp Android Anda akan melakukan restart otomatis.

Cara Hard Reset

Hard reset ini menjadi alternatif kedua jika Anda memiliki kendala pada proses reset menggunakan menu setting di Android. Biasanya Hp yang sudah bootlop ini tidak bisa memasuki sistem sehingga memungkinkan untuk melakukan riset pabrik dengan menggunakan factory data reset dengan cara hard.  Untuk dapat membuka sistem ini, setiap Hp Android memiliki tombol khusus sebagai pengaktifan menu reset ini. Namun, secara umum prosesnya sama.

Anda bisa menekan tombol power dan volume up secara bersamaan cara reset hp android. Kemudian di layar Hp akan muncul perintah “Recovery Mode”. Jika cara ini tidak bekerja Anda bisa mencoba menekan tombol power+home+volume up atau Anda juga bisa mencoba kombinasi tombol power+volume up+volume down. Saat sudah berhasil memasuki perintah “Recovery Mode” ini Anda bisa memilih opsi factory reset dengan menggunakan tombol volume untuk scroll dan tombol power untuk memilih.

Via Dial Khusus

Cara yang terakhir yakni dengan cara melakukan dial khusus. Panggilan khusus ini ditujukan untuk melakukan reset otomatis dengan memasukkan kode dial up. Buka menu dial up pada Hp Android Anda lalu masukkan kode *#*#7780#*#* untuk melakukan soft reset, sedangkan untuk hard reset Anda bisa menggunakan kode *2767*3855#. Tunggulah prosesnya, jika sudah keluar pilihlah perintah reset.

Begitulah langkah cara reset Hp Android yang bisa di Ambil ketika Anda sedang mengalami kendala. Memori perangkat yang penuh akibat dari cache instalan aplikasi ini bisa membuat kinerja Hp menurun, tidak heran jika Hp sering lemot dan bahkan ada yang mengalami bootlop. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan factory reset.

News Feed