by

Cara Fitting Pipa Tanpa Menggunakan Sambungan

Menghubungkan 2 pipa menjadi satu biasanya digunakan yang namanya sambungan atau soket, atau biasa disebut fitting pipa. Biasanya produk sambungan atau fitting pipa ini dibeli secara terpisah.

Namun untuk menghubungkan pipa dapat pula dengan mudah dihubungkan walau tanpan menggunakan sambungan yaitu dengan memodifikasi bagian pipa yang lain untuk bisa disambungkan dengan pipa lainnya.

Caranya cukup mudah, namun sebelum masuk ke panduannya cara berikut adalah untuk menyambungkan 2 pipa lurus tanpa perlu menggunakan sambungan tambahan. Anda bisa melakukan cara ini dirumah dengan menggunakan bahan dan alat sebagai berikut :

  • Kompor
  • Wadah stainless steal
  • Minyak Goreng Bekas
  • 2 Pipa yang akan disambungkan.

Panduannya sebagai berikut:

  1. Yang harus dilakukan ambil salah satu pipa kemudian anda lunakkan salah satu ujungnya, yaitu dengan dipanaskan.
  2. Cara memanaskannya adalah dengan memanaskan minyak goreng bekas dengan menggunakan kompor memakai wadah anti panas atau stainless steal.
  3. Setelah itu setelah minyak panas celupkan bagian ujung pipa kedalam minyak panas tersebut, tunggu beberapa saat jangan terlalu lama pastikan ujung pipa melunak yang artinya pipa tersebut sudah memuai.
  4. Kemudian ambil pipa yang akan disambungkan masukkan pipa tersebut ke dalam pipa yang tadi melunak, pas kan hingga masuk kedalam 5 – 6 cm.
  5. Dan tunggu hingga pipa panas tadi menjadi dingin dan Kembali mengeras.
  6. Sekarang anda sudah dapat menyambung 2 pipa tanpa perlu bantuan sambungan atau soket.
  7. Untuk lebih erat anda bisa tambahkan lem pipa diantara sambungannya tadi agar tidak ada aliran yang keluar nantinya.

Cara diatas dapat dilakukan dengan mudah selain bahan dan alat yang mudah ditemukan dirumah, cara penyambungan pipa dengan metode pemanasan ini cocok digunakan untuk menyambung pipa dengan diameter kecil dan sedang. Walaupun untuk diameter juga bisa namun agak sedikit kesulitan terutama saat memanaskan dan memasukkannya nantin.

Bagaimana cukup mudah bukan ? Selain untuk sambung lurus cara ini bisa diterapkan untuk menghubungkan pipa dengan sambungan elbow atau 90 derajat dengan cara Ketika pipa dalam keadaan panas dengan menekuk ke arah 90 derajat kearah kanan atau kiri.

News Feed