by

Berikut Ini Ciri-ciri Modus Akun Palsu Sosmed BCA yang Harus Diketahui Agar Anda Bisa Terhindar!

Kejahatan di dunia maya memang bukanlah hal yang baru. Namun baru-baru ini mulai marak kembali penipuan yang mengatasnamakan salah satu bank swasta ternama di Indonesia, yaitu bank BCA. Modus kejahatannya sangat beragam. Namun salah satu yang patut diwaspadai adalah modus akun palsu sosmed BCA. Seperti yang kita ketahui, hampir semua masyarakat Indonesia memiliki akun sosmed di berbagai aplikasi. Sehingga akan sangat mudah sekali terkena modus penipuan yang satu ini. 

Pada modus akun palsu sosmed BCA, pelaku membuat akun di sosial media dengan nama yang hampir mirip dengan akun resmi sosmed milik Bank BCA. Sehingga sebagian orang awam atau yang tidak teliti bisa langsung saja percaya. Apalagi, akun palsu sosmednya ini juga dibuat dengan profile picture yang sama dengan akun resmi sosmed BCA. Akun-akun palsu tersebut biasanya melakukan kejahatannya dengan pura-pura menawarkan diri sebagai pusat bantuan terkait produk maupun layanan yang dimiliki oleh BCA. Akun palsu sosmed BCA ini biasanya banyak beredar di Instagram dan Twitter. Dan tidak menutup kemungkinan juga di sosial media seperti Facebook.

Akun palsu sosmed ini menggunakan semacam bot atau program otomatis yang berguna untuk memonitor semua percakapan di Twitter atau sosmed lainnya. Bot ini nantinya akan memantau percakapan yang mengandung kata kunci terkait, seperti contohnya “HaloBCA”. Tujuannya akun palsu ini agar nasabah mengira jika akun yang digunakan untuk membalas atau menanggapi twit tersebut adalah dari akun resmi BCA.

Selanjutnya pelaku penipuan ini akan mengarahkan nasabah ke komunikasi yang lebih personal layaknya Customer Service. Dan di tahap inilah biasanya nasabah akan terjebak penipuan. Agar Anda tidak mengalami hal yang serupa, sebaiknya ketahui beberapa ciri-ciri akun palsu sosmed BCA berikut ini:

  • Akun palsu tidak memiliki centang biru pada Twitter maupun Instagram.
  • Akun palsu biasanya menggunakan username dengan embel-embel deretan angka acak di belakangnya, contohnya @HaloBCA45886745.
  • Lebih cepat merespon kendala atau komplain yang dilakukan oleh nasabah.
  • Jika di giring untuk “lanjut ke DM atau WhatsApp”, maka bisa dipastikan ini penipuan.

Dan yang perlu diketahui juga, untuk akun resmi sosmed BCA memiliki ciri-ciri berikut:

  • Merupakan verified account yang sudah bercentang biru.
  • Tidak mem-follow akun-akun lain selain akun bisnis, atau akun yang memiliki hubungan langsung dengan bisnis BCA.
  • Tidak melakukan DM (Direct Message) terlebih dahulu untuk menawarkan solusi layanan Bank BCA ke user sosial media.

Selain mengetahui ciri akun palsu dan akun resmi BCA, sebaiknya untuk menghindari penipuan adalah dengan tidak mengadu atau melaporkan kendala perbankan Anda di sosial media apapun. Hal ini beresiko dimanfaatkan oleh para penipu yang memang sudah menyiapkan umpanya.

Dan pastikan juga untuk selalu teliti saat menggunakan sosial media, mengingat banyak bermunculan akun palsu sosmed BCA yang sekilas terlihat sama persis dengan akun resmi BCA. Untuk akun resmi sosmed BCA untuk Twitter yaitu @bankbca, @XpresiBCA, @kartukredutBCA, @goodlifebca, dan @haloBCA.

Sedangkan untuk akun resmi Instagram @goodlifeBCA. Kesemua akun resmi sosmed BCA tersebut sudah bercentang biru. Nah, itu saja sedikit informasi mengenai modus akun palsu sosmed BCA. Semoga ke depannya jangan apalagi yang mengalami penipuan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.