by

Berbagai Olahan Bawang Merah pada Masakan Indonesia

Bawang merah menjadi salah satu bahan masakan yang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Penambahan bumbu masakan yang satu ini mampu memberikan cita rasa yang khas pada masakan.

Umumnya, bawang ini diolah melalui proses penggorengan yang nantinya akan ditambahkan atau ditaburkan pada masakan yang dibuat. Namun, apa sajakah jenis makanan yang umumnya disajikan bersama dengan bawang yang satu ini?  Berikut penjelasannya untuk Anda.

Beberapa Makanan yang Disajikan dengan Bawang merah

Berikut beberapa masakan Indonesia yang disajikan dengan bawang ini, antara lain:

  1. Sate

Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki berbagai jenis isian seperti daging ayam, daging, sapi, daging kambing, dan lainnya. Hampir seluruh masyarakat di Indonesia memiliki cara tersendiri dalam pengolahan berbagai jenis daging menjadi sate.

Namun, umumnya hal ini juga tidak lepas dari adanya penambahan bawang goreng yang berasal dari bawang merah yang telah mengalami proses penggorengan. Dengan adanya olahan bawang tersebut menjadikan cita rasa sate semakin lezat.

Ditambah dengan aroma yang khas dari bawang goreng membuat berbagai macam masakan sate ini sebagai menu favorit masyarakat Indonesia. Pemberian bawang ini pada sate tidak hanya berupa bawang goreng tetapi juga bawang yang diiris tipis dan dimasukkan ke dalam bumbu sate. Sehingga aroma khas bawang tercium secara jelas pada masakan yang satu ini

  1. Acar

Acar merupakan menu makanan tambahan yang umumnya disajikan ketika terdapat hidangan nasi goreng, martabak, atau makanan lainnya. Umumnya masyarakat menambahkan bawang merah yang diiris tipis pada acar untuk menambah rasa lezat pada makanan tersebut.

Penambahan bawang ini juga akan menambah kesegaran dan mempercantik tampilan dari acar. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang mengolah acara bersama dengan irisan tipis bawang ini.

  1. Ayam bakar

Ayam bakar merupakan masakan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Proses pengolahan yang melalui beberapa tahap disertai dengan proses pembakaran mampu menjadikan masakan yang satu ini sebagai makanan favorit Indonesia.

Umumnya, ayam bakar juga diberikan toping berupa taburan bawang goreng yang berasal dari bawang merah untuk mempertajam aroma lezat pada masakan tersebut. Selain itu, dengan adanya bawang goreng makan bukan hanya tampilan yang terlihat estetik tetapi juga rasa yang semakin lezat dan menggugah selera.

  1. Ikan bakar

Adanya komoditas laut dalam jumlah yang besar menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki masakan ikan bakar dengan variasi rasa yang lezat dan segar. Tentunya masakan ini didukung oleh adanya berbagai macam rempah-rempah yang tumbuh subur di wilayah negara ini.

Salah satu bumbu masakan yang dimasukkan ke dalam makanan ikan bakar ini adalah bawang merah yang diolah secara bersamaan dengan bumbu ikan serta taburan bawang goreng sebagai toping masakan. Hal ini tentunya menjadi point tambahan bagi masakan Indonesia yang memiliki rasa dan aroma yang khas.

  1. Tahu Lontong

Tahu lontong merupakan makanan khas Jawa Timur yang banyak disukai oleh seluruh kalangan masyarakat Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Makanan ini tentunya memiliki bahan dasar tahu dan lontong yang dipadukan dengan bumbu kacang beserta toping lainnya seperti bawang goreng.

Penambahan bawang goreng pada makanan ini akan menambah aroma yang harum dan menggugah selera. Selain itu, adanya rasa gurih pada olahan bawang itu juga menambah kelezatan pada tahu lontong.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai berbagai macam masakan Indonesia yang disajikan dengan bawang merah baik itu dalam bentuk irisan kecil atau bawang yang telah mengalami proses penggorengan.

News Feed