Beberapa Pengertian Dalam Kehamilan

Kesehatan28 views

Ada banyak hal yang harus di perhatikan, bagi perempuan yang sedang hamil. Diantaranya mulai dari menjaga kesehatan, perawatan, dan saat berhubungan intim. Dan berikut beberapa pengertian dalam kehamilan.

Proses Pembuahan

Dimana sebuah sel sperma akan saling menuju bersama ke sel telur yang mengeluarkan enzim, yang dapat membuat salah satunya berhasil ke tempat tersebut. Akan terjadi kimiawi disaat pembuahan yang akan mencegah sperma lainnya masuk kesel telur. Maka proses kehamilan selanjutnya sperma akan masuk kedalam inti sel, kemudian kode genetik akan menyatu dengan kode genetik sel telur yang telah di buahi. Sel telur yang telah dibuahi akan membelah menjadi 2sel, dan lalu berkembang menjadi 4sel.

Maka kemudian sel yang tersebut akan terbelah mencapai 30 lalu kumpulan sel ini dinamakan Morula. Kelompok sel tersebut itu akan semakin matang dan menjadi blastokista, yang sekaligus akan menstimulasi yang terjadinya perubahan pada dalam tubuh calon ibu, di antaranya berhentinya siklus menstruasi.

Trimester Pertama

Trimester Pertama akan berlangsung dari minggu pertama sampai dengan minggu ke-13 kehamilan. Pada jangka waktu tersebut mungkin perubahan fisik pada ibu belum jelas terlihat, namun pastinya akan terjadi perubahan besar pada dalam tubuh. Seperti rahim yang mulai mendukung pertumbuhan plasenta dan janin, dan kadar hormon yang berubah secara signifikan.

Janin yang dikandung akan mengembangkan semua bagian organ-organnya pada akhir bulan ke-3. untuk momen-momen ini sangat lah penting memerlukan seperti mempertahankan pola makan sehat, dan menambah jumlah asam folat yang cukup untuk mencegah cacatnya tabung saraf pada janin. Serta harus menjaga kondisi sama menjaga visalitas tubuh, agar terhindar dari keguguran.

Trimester kedua

Sebagaian besar gejala kehamilan itu di awal akan menghilang. Kondisi perunyat akan mulai terlihat membesar karena rahim yang akan bertumbuh dengan cepat. Meskipun gejala mual perlahan akan hilang, namun ada beberapa keluhan umum yang akan dirasakan oleh ibu, diantaranya kram kaki, nyeri di ulu hati,muncul varises, selara makan tinggi, hidung tersumbat, dan sakit punggung.

Trimester kedua iyalah masa dimana ketika ibu hamil dapat merasakan janinnya bergerak untuk pertama kalinya. Pergerakan ini biasanya terjadi pada minggu ke-20 masa kehamilan. Pada momen ini, bahkan janin akan bisa mendengar dan mengenali suara ibunya.

Trimester kedua ini menjadi momen ketika dimana bagian-bagian tubuh janin terbentuk seperti jantung, ginjal, paru-paru dan otak. Ibu juga akan bisa mengetahui jenis kelamin bayi tersebut di trimester kedua. Selama trimester kedua, dokter biasanya akan menguji diabetes gestasional yang pada umumnya dideteksi diantara minggu ke-26 dan 28 masa kehamilan ibu.

Trimester Ketiga

Berlangsung di minggu ke-28 kehamilan sampai ddengan masa kelahiran bayi. Pada trimester ketiga ini, janin sudah bisa membuka, menutup mata, dan menghisap jempolnya. Janin juga dapat bisa menendang, merenggangkan badannya, lalu merespon cahaya. Disaat mulai masuk bulan ke-8, Pertumbuhan otaknya akan berlangsung terus dan cepat. Di bulan yang ke-9 sama dengannya dengan usia kehamilan 34-36 minggu paru-paru bayi tersebut sudah mateng dan siap bekerja sendiri.

Untuk ibu sendiri di haruskan mengadakan pemeriksaan teratur kepada dokter atau bidan, seperti tes urine agar dapat mengetahui kadar protein di dalam tubuh, lalu memeriksa tekanan darah, dan juga memantau detak jantung janin. Dan selanjutnya persiapkanlah persiapan lain nya untuk menuju proses persalinan. Untuk lebih mudah donwload aplikasi kehamilan.