by

Beberapa Cara untuk Menciptakan Rumah Sehat dan Bersih

-Bisnis-24 views

Dengan Dunia yang sedang dilanda wabah virus berbahaya, COVID-19. Physical distancing dan mengisolasi diri di rumah adalah cara yang dinilai cukup efektif untuk menekan tingkat penyebaran virus. Itu berarti, rumah harus menjadi tempat naungan yang nyaman dan sehat dan bersih untuk mengisolasi diri dan melindungi diri dari penyakit.

Rumah sehat adalah konsep yang cukup banyak digunakan oleh arsitek untuk mewujudkan rumah yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan mental penghuninya. Pertanyaannya adalah, apakah rumah Anda saat ini sudah cukup sehat? Bagaimana cara untuk menciptakan rumah yang sehat? Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diaplikasikan agar rumah makin sehat dan bersih. Nah inilah menciptakan rumah bersih dan sehat yang harus di terapkan di rumah kamu agar rumah kamu sehat dan pastinya bersih sebagai berikut:

Berikan Akses untuk Pencahayaan Alami

Walaupun lampu cukup menerangi sebuah ruangan, namun keberadaan pencahayaan alami mutlak diperlukan. Pencahayaan alami dalam desain rumah sangat penting karena dapat mempengaruhi aktivitas dan berdampak pada kesehatan penghuninya. Fungsi dari pencahayaan alami selain sebagai penerangan ialah untuk membunuh bakteri dan mengurangi kelembapan dalam ruang. Sinar matahari di pagi hari juga bagus untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh.

Sediakan Bukaan dan Ventilasi untuk Sirkulasi Udara

Keberadaan bukaan dan ventilasi udara di dalam rumah sangat penting untuk sistem sirkulasi pengudaraan yang baik. Kalau bisa, terapkan sistem cross ventilation sehingga udara segar bisa masuk ke dalam menggantikan udara yang ada di dalam rumah. Jika ventilasi dirasa belum cukup untuk mendinginkan ruang, bisa saja menggunakan air conditioner. Namun jangan menggunakannya setiap saat karena akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh Anda.

Perbanyak Taman dan Vegetasi

Selain membuat desain rumah tampak adem, asri, dan segar, kehadiran taman tentu akan membawa dampak baik terhadap kesehatan tubuh dan mental penghuninya. Taman dan vegetasi dapat membantu mengatur sirkulasi udara, temperatur, dan kelembapan udara. Selain itu, vegetasi memiliki beragam fungsi, seperti menghasilkan oksigen dan menyaring udara kotor. Dari sisi psikologis, kehadiran taman dan vegetasi dapat menjadi media relaksasi dan penghilang stres maupun kejenuhan sehingga baik untuk kesehatan mental penghuni rumah.

Sistem Air Bersih

Ada 2 jenis air berdasarkan sumbernya, yakni air PAM dan air sumur atau air tanah. Baik tidaknya kebersihan air yang disediakan oleh kedua sumber air tersebut tidak dapat disamaratakan karena faktor lokasi juga berpengaruh. Ada lokasi yang kedua sumber airnya memiliki kualitas baik. Ada juga lokasi yang memiliki kualitas air PAM baik sedangkan kualitas air tanahnya kurang baik, dan sebaliknya. Sesuaikan jenis sumber air dengan lokasi dimana Anda tinggal jika Anda hanya berniat menggunakan 1 jenis sumber air saja.

Lakukan Perawatan Rumah Secara Berkala

Ingat, tidak ada yang abadi di dunia ini termasuk rumah. Walaupun telah mengeluarkan budget yang besar untuk desain rumah dan membangunnya, rumah dan segala isinya perlu diberikan perawatan agar tetap tampil cantik dan kokoh. Jagalah kebersihan rumah agar rumah tetap aman, nyaman, dan sehat untuk ditempati. Selain bersih, pastikan rumah terbebas dari serangan hama, seperti jamur, rayap, kecoak, dan lain sebagainya. Jika memang diperlukan, gunakanlah pestisida untuk mengusir hama-hama tersebut. Namun jangan terlalu sering menggunakan pestisida karena dapat menyisakan zat kimia berbahaya di dalam rumah. Oleh karena itu, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.