by

Bagaimana Cara Mengisi Ulang Freon AC Mobil yang Bocor?

Bagi masyarakat urban, kebutuhan akan AC mobil sangatlah tinggi. Seringkali durasi kemacetan di jalan raya memakan waktu hingga berpuluh-puluh menit. Ditambah lagi hawa panas ala kota yang begitu menyengat. Ironisnya, masih banyak yang keliru saat mengisi ulang freon AC. Di artikel ini, kita akan membahas secara lengkap cara mengisi freon yang benar.

Apa Itu Freon AC?

Freon itu merupakan sejenis cairan yang berada dalam sistem AC kendaraan beroda empat Anda. Begitu AC dinyalakan, secara otomatis cairan freon terdistribusi ke semua komponen AC dalam bentuk gas. Sebetulnya sih freon itu tidak perlu diisi ulang, kecuali mengalami kebocoran di dalam komponen AC.

Mengapa Kebocoran Bisa Terjadi?

Untuk mengetahui sebab utama kebocoran pada freon AC, kita harus ulik sumber masalahnya lebih dulu. Ada beberapa gejala yang muncul akibat kebocoran tersebut. Pertama, AC kendaraan Anda sama sekali tidak bekerja atau mati total. Kalau keadaannya sudah separah ini, lebih baik panggil teknisi untuk mereparasi masalah yang ada.

Kedua, “hawa dingin” yang biasa dihembuskan oleh AC tidak begitu terasa. Bahkan dalam beberapa kasus, sama sekali tidak keluar embusan udara dinginnya. Ketiga, gejala yang muncul diwakili suara “klik”. Bunyi tersebut berasal dari bagian mesin kendaraan Anda.

Kapan Idealnya Mengisi Freon AC Kendaraan?

Perihal pengisian freon pada AC mobil Anda tidak menentu, ya. Alias tidak bisa dijadwal kapan harus ganti isi freon. Sepanjang freon tidak mengalami kebocoran, maka tak perlu isi ulang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengisi ulang freon antara 180 ribu Rupiah hingga 350 ribu Rupiah. Tarif tersebut dibedakan berdasarkan tabungnya.

Berapa Lama Proses Pengisian Freon?

Prosesnya sangat singkat, yakni tidak sampai 30 menit. Prosedurnya dimulai dengan membersihkan AC kendaraan secara total. Kemudian sisa freon yang masih ada harap dikosongkan. Tujuannya agar freon baru bisa bekerja secara optimal. Ketika freon lama dengan yang baru tercampur, nanti bisa mengganggu stabilitas kinerja AC secara menyeluruh.

Caranya dengan menutup katup manifold gauge. Lalu sambungkan dengan selang berwarna merah via alur yang mengarah ke nipel bertekanan tinggi. Sambungkan pula ke selang warna biru yang bertekanan rendah dan warna hijau yang mengarah ke pompa vakum. Kalau sudah terpasang semua, baru buka salah satu katup pada manifold.

Hidupkan pompa vakum dan tunggu hingga angkanya mencapai 600mmHg. Selanjutnya tinggal buka katup manifold yang satunya lagi biar vakum yang sudah aktif tadi kinerjanya lebih efisien dan lancar. Sekali lagi, bila proses pengisian freon terasa rumit dan sulit diterapkan, serahkan pada teknisi saja. Toh biayanya tidak begitu mahal.

Mengapa Freon AC Bisa Bocor?

  • Kompresor AC Mengalami Kemacetan

Masalah utama kenapa bagian kompresor AC bisa macet sebagian besar karena pemasangan awal yang keliru. Cara alternatifnya dengan melepaskan kompresor dari unit AC. Kemudian buang oli yang berada di dalam kompresor pakai R11. Kemudian tembak dengan R22 agar kotorannya keluar. Ulangi hingga bersih.

  • Bagian Filter Drier Tersumbat

Komponen drier pada AC juga berperan sangat penting. Komponen ini pula yang bisa membuat hawa di dalam kendaraan Anda berubah jadi dingin begitu AC dinyalakan. Tersumbatnya drier rata-rata karena kotoran. Baik yang ditimbulkan oleh serangga ataupun debu-debu.

Perihal kebocoran freon AC mobil tersebut bisa terjadi kapan saja. Tapi, asalkan Anda selalu merawat kendaraan dengan baik setiap hari, potensi kebocoran bisa diminimalisir. Misalnya dengan menjadwalkan servis kendaraan Anda tiap 3 bulan sekali. Jangan lupa minta teknisi untuk mengecek bagian AC kendaraan Anda juga.

News Feed