4 Ciri ciri Ditolak Interview Beserta Tips Mudah Mengatasinya

Gaya Hidup59 views

Saat mengikuti sebuah interview kerja selalu terdapat kemungkinan untuk diterima dan ditolak oleh sebuah instansi. Terdapat ciri ciri ditolak interview yang dapat Anda ketahui bahkan sebelum diumumkan hasilnya. Berikut adalah beberapa ciri saat Anda ditolak dalam sebuah interview kerja:

Proses Interview yang Dipersingkat

Proses interview yang tiba-tiba menjadi singkat merupakan sebuah pertanda bahwa HRD kurang begitu tertarik dengan pelamar. Hal demikian terjadi karena pewawancara dapat menemukan ketidakcocokan pada menit-menit awal sebuah wawancara.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menunjukkan ketrampilan sehingga HRD menjadi tertarik salah satunya skill berbahasa asing. Skill berbahasa asing tersebut dapat Anda peroleh dengan mengikuti kursus bahasa Inggris yang berkualitas.

Pewawancara Memberikan Pertanyaan Susah

Ciri ciri ditolak interview selanjutnya adalah pewawancara dengan sengaja memberikan pertanyaan yang jawabannya di luar batas kemampuan pelamar. Hal tersebut dimaksudkan supaya  interview cepat usai dan dapat segera mewawancarai pelamar lain.

Tips menghadapi pertanyaan yang susah dijawab tersebut adalah tetap tenang dan mengarahkan ke topik yang telah Anda kuasai. Anda juga dapat menyiapkan diri di hari-hari sebelumnya dengan banyak belajar dan membaca.

Tidak Ada Follow Up

Interview merupakan test terakhir ketika melamar pekerjaan, jika sudah mencapai tahap ini maka proses follow up biasanya dilakukan sesegera mungkin. Jika tidak ada follow up sekali dari pihak perusahaan maka kemungkinan besar HRD tidak meloloskan interview Anda.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat menghubungi ulang untuk meminta informasi terkait hasil interview. Namun jika tetap tidak ada balasan, Anda fokus memperbaiki diri seperti mengikuti berbagai seminar maupun beberapa kegiatan Ramadhan kreatif lainnya.

Pewawancara Tidak Banyak Bertanya

Ciri ditolak interview yang terakhir adalah suasana hening karena pewawancara tidak tertarik dengan jawaban yang Anda berikan. Hal demikian juga terjadi karena Anda sama sekali tidak memberikan pertanyaan apapun saat dipersilahkan oleh pewawancara.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan topik serupa yang dapat Anda kuasai. Jika kurang mendalami bidang tersebut, Anda dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait kondisi perusahaan saat itu.

Terdapat beberapa ciri ciri ditolak interview yang dapat diketahui sebelum hasilnya diumumkan. Hal tersebut dapat diketahui jika lembaga atau pewawancara memiliki ciri seperti yang telah disebutkan di atas.

Untuk Anda yang sudah merasa tidak yakin diterima setelah interview sebaiknya jangan berkecil hati. Salah satu cara agar tidak diphpin HRD yaitu pastikan untuk terus mengasah kemampuan dan skill yang Anda miliki agar ke depannya bisa semakin yakin melamar di perusahaan lain.  

Salah satu cara untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris Anda yaitu dengan ikut kursus di EF Adults yang dijamin berkualitas. Tidak perlu minder karena di sana tersedia banyak pilihan kelas yang bisa Anda sesuaikan dengan skill yang dimiliki. Daftarkan diri Anda sekarang juga!